Choirunnisa, Septa Ayu (2023) Keefektifan model discovery learning dan model make a match Terhadap hasil belajar ipa siswa kelas v sd. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HAL JUDUL)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (463kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
Bab I.pdf - Published Version Download (219kB) | Preview |
Text (BAB II)
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (353kB) |
|
Text (BAB III)
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (326kB) |
|
Text (BAB IV)
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (406kB) |
|
Text (BAB V)
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (91kB) |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (236kB) | Preview |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis keefektifan antara penerapan model discovery learning dengan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD, menganalisis keefektifan antara penerapan model make a match dengan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD serta menganalisis keefektifan antara penerapan model discovery learning dan model make a match dengan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi-experimental dengan bentuk nonequalivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus Amarta Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang tahun pelajaran 2022/2023 yaitu sebanyak 6 SD. Pemilihan sampling dalam penelitian ini adalah jenis Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Metode analasis data menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Keefektifan model Discovery Learning didasarkan uji-t yaitu diketahui bahwa nilai thitung 2,235 lebih besar dibandingkan nilai ttabel 1,98373. (2) Keefektifan model Make A Match didasarkan 1,98373 yaitu diketahui bahwa nilai thitung 6,427 lebih besar dibandingkan nilai ttabel 1,98373. (3) Keefektifan Discovery Learning dan model Make A Match didasarkanuji-t yaitu diketahui bahwa nilai thitung 7,226 lebih besar dibandingkan nilai ttabel 1,98373. Simpulan penelitian ini adalah (1) Model pembelajaran Discovery Learning lebih efektif digunakan terhadap hasil belajar IPA materi Pencernaan Makanan siswa kelas V SD Gugus Amarta Kecmatan Kragan Kabupaten Rembang dari padamodel pembelajaran konvensional. (2) Model pembelajaran Make A Match lebih efektif digunakan terhadap hasil belajar IPA materi Pencernaan Makanan siswa kelas V SD Gugus Amarta Kecmatan Kragan Kabupaten Rembang dari pada model pembelajaran konvensional. (3) Model pembelajaran Discovery Learning dan model Make A Match lebih efektif digunakan terhadap hasil belajar IPA materi Pencernaan Makanan siswa kelas V SD Gugus Amarta Kecmatan Kragan Kabupaten Rembang dari pada model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1 : Dr. Suad, M.Pd., Dosen Pembimbing 2 : Dr.Sumaji,M.Pd. |
Kata Kunci: | Discovery Learning, Make A Match, IPA |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 05 Mar 2024 19:03 |
Last Modified: | 05 Mar 2024 19:03 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20559 |
Actions (login required)
View Item |