NAFSIYAH, AFIFATUN (2023) Penerapan model pembelajaran teams games tournament berbantuan media teka-teki silang untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan pancasila siswa kelas iv. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HAL JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version Download (13MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (191kB) | Preview |
Text (BAB I)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (298kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (314kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (97kB) |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (140kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstrak
Proses pembelajaran yang monoton dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang ditemui di SD Negeri Langgar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan guru dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media teka-teki silang pada pelajaran Pendidikan Pancasila tentang Konstitusi dan Norma di Masyarakat. Model Teams Games Tournament (TGT) merupakan model pembelajaran yang menempatkan siswa didalam kelompok-kelompok kecil yang beranggotakan 5-6 siswa yang bersifat heterogen. Media teka-teki silang merupakan permainan mengisi ruang-ruang kosong berbentuk kotak dengan huruf yang membentuk suatu kata yang merupakan jawaban dari pertanyaan. Hasil belajar merupakan perubahan yang terjadi pada diri siswa setelah melalui proses dan pengalaman belajar yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau skor yang diperoleh siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Langgar Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang dengan subjek penelitian 33 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media teka-teki silang. Sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media teka-teki silang dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas belajar, dan keterampilan guru. Hal ini dapat dilihat dari persentase hasil belajar siswa pada siklus I (66%) dengan nilai rata-rata 68, dan meningkat pada siklus II (100%) dengan nilai rata-rata 80. Aktivitas belajar siswa Pada siklus I (69%) dan meningkat pada siklus II (85%). Keterampilan guru pada siklus I (81%) dan meningkat pada siklus II (93%). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media teka-teki silang dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas belajar, dan keterampilan guru pada pelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas IV SD Negeri Langgar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1 : F. Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd., Dosen Pembimbing 2 : M. Syafruddin Kuryanto, S.Si., M.Or. |
Kata Kunci: | Teams Games Tournament, Media Teka-teki Silang, Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 05 Mar 2024 20:41 |
Last Modified: | 05 Mar 2024 20:41 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20563 |
Actions (login required)
View Item |