ISJAYANTI, MOTIK DWI (2023) Pengaruh model pembelajaran tgt berbantuan media roda putar terhadap hasil belajar ipas kelas iv sd n pati wetan 03. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (halaman judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (308kB) | Preview |
Preview |
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (342kB) | Preview |
![]() |
Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (295kB) | Request a copy |
![]() |
Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (610kB) | Request a copy |
![]() |
Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (577kB) | Request a copy |
![]() |
Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (240kB) | Request a copy |
Preview |
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (471kB) | Preview |
![]() |
Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Latar belakang pada penelitian ini menjelaskan bahwa di SD N Pati Wetan 03 guru melaksanakan kegiatan belajar-mengajar dengan cara berceramah, selain itu juga mengguakan model pembelajaran PBL dan diskusi. Media pembelajarannya juga hanya berupa gambar, video pembelajaran dan media-media sederhana yang diciptakan oleh siswa. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pada hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran TGT dengan berbantuan media roda putar pada pelajaran IPAS kelas IV SD N Pati Wetan 03. Model pembelajaran TGT adalah salah satu pembelajaran kooperatif yang dilakukan secara berkelompok dan bersifat permainan dengan sistem penskoran. media roda putar merupakan alat informasi mengenai mata pelajaran yang akan disampaikan dan menarik siswa agar bersemangat untuk belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Eksperimental menggunakan pola One Group Pretest-Posttest Design. Tempat dan waktu penelitian dilaksanakan di SD N Pati Wetan 03 dan dilaksanakan pada tanggal 15-16 Maret 2023. Teknik pengumpulan data pada penelitiaan ini yaitu teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji hipotesis 1 (Paired Sample T-test), uji hipotesis 2 (N-Gain). Pada uji hipotesis 1 menjelaskan bahwa hasil belajar IPAS pretest dan posttest terdapat perbedaan karena pada signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga H0 ditolak maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan pada nilai pretest dan posttest hasil belajar IPAS. Pada uji hipotesis 2 menjelaskan bahwa hasil pretest dan posttest terdapat perningkatan sesuai dari hasil rata-rata Ngain score yaitu 0,69 0,70 sehingga termasuk dalam kategori sedang sesuai hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil pretest dan posttest pada hasil belajar IPAS setelah diberikan perlakuan dengan model pembelajaran TGT berbantuan media roda putar pada siswa kelas IV SD N Pati Wetan 03. Kesimpulan pada hasil analisis uji hipotesis 1 yaitu uji paired sample t-test, terdapat perbedaan natara hasil pretest dan posttest hasil belajar IPAS. Pada uji hipotesis 2 dengan menggunakan uji N-Gain yaitu terdapat peningkatan hasil pretest-posttest setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran TGT berbantuan media roda putar pada hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Pati Wetan 03.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1: Dr. Erik Aditia Ismaya, M.Pd., M.A Dosen Pembimbing 2: Dr. Khamdun, M.Pd |
Kata Kunci: | Model Pembelajaran TGT, Media Roda Putar, Hasil Belajar IPAS |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 07 Mar 2024 01:50 |
Last Modified: | 07 Mar 2024 01:50 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20609 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |