NI’MAH, UZLIFATUN (2023) Bentuk kolaborasi guru dan orang tua dalam menanamkan karakter profil pelajar pancasila di sd negeri prawoto 02. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (243kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (314kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (260kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (557kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (70kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (304kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini memiliki latar belakang yaitu merosotnya moral siswa pada siswa SD Negeri Prawoto 2 diantaranya maraknya kenakalan dan pelanggaran tata tertib sekolah, bullying antar teman, dan mudahnya mengucapkan kata-kata kotor, kurang bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas. Jika masalah tersebut dibiarkan tentu karakter siswa akan semakin terkikis. Oleh karena itu, pendidikan sebagai langkah prefentif adalah melakukan hubungan kerjasama atau kolaborasi antara sekolah dan orang tua terutama dalam rangka menanmakan karakter profil pelajar Pancasila. Rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain: bagaimana implementasi serta implikasi bentuk kolaborasi guru dan orang tua dalam menanamkan karakter profil pelajar Pancasila kelas V SD Negeri Prawoto 02. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi dan implikasi kolaborasi guru dan orang tua dalam menanamkan karakter profil pelajar Pancasila di SD Negeri Prawoto 02. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Prawoto 02 dengan fokus penelitian 5 siswa, 1 guru kelas, kepala sekolah, dan 5 orang tua siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif naratif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, konfirmabilitas. Analisis data menggunakan teori Miles and Huberman dengan reduksi data, display data, dan verivikasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi yang dibangun antara guru dan orang tua seperti memberikan contoh secara langsung melalui pembiasaan dan keteladan baik di rumah dan sekolah, melalui komunikasi dua arah, pertemuan wali murid, home visit, kunjungan orang tua ke sekolah berdampak positif yakni terwujudnya perubahan karakter sebagaimana karakter profil pelajar Pancasila meliputi sikap karakter religius, berkebinekaan global, gotong royong, dan mandiri. Maka dapat disimpulkan bahwa implementasi bentuk kolaborasi yang dibangun antara guru dan orang tua mampu memberikan dampak positif. Sebagaimana di SD Negeri Prawoto 02 memberikan contoh secara langsung melalui pembiasaan dan keteladan baik di rumah dan sekolah, melalui komunikasi dua arah, pertemuan wali murid, home visit, kunjungan orang tua ke sekolah. Sementara implikasi dari bentuk kolaborasi terwujudnya perubahan karakter baik di lingkungan sekolah maupun rumah sebagaimana karakter profil pelajar Pancasila meliputi sikap karakter religius, berkebinekaan global, gotong royong, dan mandiri.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I: Imaniar Purbasari, M.Pd. Dosen Pembimbing II: Rani Setiawaty, M.Pd. |
Kata Kunci: | Bentuk Kolaborasi, Menanamkan Karakter, Profil Pelajar Pancasila |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 07 Mar 2024 20:28 |
Last Modified: | 07 Mar 2024 20:28 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20619 |
Actions (login required)
View Item |