Atho’arrochman, Ahmad Fata (2024) Pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan inovasi produk terhadap kinerja usaha mikro kecil dan menengah dengan keunggulan bersaing Sebagai variabel intervening (studi pada umkm sentra konveksi baju Di kabupaten kudus). Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download (659kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download (418kB) | Preview |
![]() |
Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (543kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (606kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (925kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (239kB) | Request a copy |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download (483kB) | Preview |
![]() |
Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (337kB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan inovasi produk terhadap kinerja usaha mikro kecil dan menengah dengan keunggulan bersaing sebagai variabel intervening (studi pada UMKM sentra konveksi baju di Kabupaten Kudus). Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM konveksi baju di Kabupaten Kudus sebanyak 520 pengusaha yang terdaftar di data Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi dan UKM Kabupaten Kudus. Penentuan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan Issac Michael, Proportionate Stratified Random Sampling, dan Purposive Sampling ditemukan sebanyak 221 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Analisis data menggunakan software AMOS 24. Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) orientasi pasar berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja UMKM; (2) orientasi kewirausahaan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja UMKM; (3) inovasi produk berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja UMKM; (4) orientasi pasar berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keunggulan bersaing; (5) orientasi kewirausahaan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keunggulan bersaing; (6) inovasi produk berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keunggulan bersaing; (7) keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM; (8) keunggulan bersaing tidak mampu memediasi antara orientasi pasar terhadap kinerja UMKM; (9) keunggulan bersaing tidak mampu memediasi antara orientasi kewirausahaan terhadap kinerja UMKM; (10) keunggulan bersaing mampu memediasi antara inovasi produk terhadap kinerja UMKM.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Dra. Mamik Indaryani, M.S selaku Dosen Pembimbing I Hutomo Rusdianto, S.E., M.B.A., A.W.M., Q.W.M., C.B.V selaku Dosen Pembimbing II |
Kata Kunci: | Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah |
Subjects: | Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi Ilmu-ilmu Sosial > Industri. Pemanfaatan lahan. Perburuhan Ilmu-ilmu Sosial > Industri. Pemanfaatan lahan. Perburuhan > Manajemen. Manajemen industri |
Program Studi: | Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 12 Jul 2024 18:47 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 18:47 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21436 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |