AMRI, SYAHRUNA (2024) Peningkatan kedisiplinan belajar siswa melalui layanan bimbingan kelompok menggunakan Teknik problem solving di kelas x.kko 1 Sma nu al ma’ruf kudus. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download (540kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download (173kB) | Preview |
Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (218kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (237kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (430kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (125kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download (134kB) | Preview |
Text (SURAT PERYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (115kB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendiskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa SMA NU AL MA’RUF Kudus, 2) Mengetahui peningkatan kedisiplinan belajar melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving. Kedisiplinan belajar merupakan ketaatan dan kepatuhan terhadap peraturan tertulis maupun tidak tertulis dalam proses perubahan tingkah laku yang menetap akibat dari praktik yang berupa pengalaman mengamati, membaca, menirukan, mencoba sesuatu, mendengarkan serta mengikuti arahan.Untuk memberikan pemahaman bagi siswa tentang kedisiplinan belajar, maka peneliti berupaya menerapkan layanan bimbingan kelompok teknik problem solving. Jenis Penelitian PTBK dengan tahap: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Pengamatan, dan 4. Refleksi yang dilakukan dalam 2 siklus penelitian, setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah 8 siswa X.KKO SMA NU ALA MA'RUF Kudus. Teknik pengumpulaan data yang digunakan adalah teknik observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian yang dilakukan adalah kondisi pra siklus skor jumlah sikap kedisiplinan belajar dari 8 siswa kelas X.KKO 1 SMA NU AL MA'RUF Kudus adalah 128 dengan presentase 33% dalam kategori sangat kurang, pada akhir siklus I skor Jumlah sikap kedisiplinan belajar adalah 191 dengan presentase 54% dalam kategori kurang dan pada akhir kegiatan siklus II jumlah kondisi sikap kedisiplinan belajar bebas dari 8 siswa kelas X.KKO 1 SMA NU AL MA'RUF Kudus adalah 263 dengan presentase 82% dalam kategori baik. Berdasarkan simpulan, saran dari peneliti adalah : 1) Kepala Sekolah: kepala sekolah diharapkan untuk dapat memfasilitasi segala sesuatu yang berkaitan dengan pemberian layanan yang dilakukan oleh konselor untuk meningkatkan kualitas layanan bimbingan dan konseling bagi siswa, 2) Konselor sekolah: konselor diharapkan dapat memaksimalkan layanan bimbingan dan konseling di sekolah. 3) bagi siswa: diharapkan siswa memiliki sikap kedisiplinan belajar yang baik dan lebih baik lagi.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1:Dr. Indah Lestari, S.Pd., M.Pd., DOSEN PEMBIMBING 2:Drs. Sucipto, M.Pd.Kons |
Kata Kunci: | Kedisiplinan Belajar. Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Problem Solving |
Subjects: | Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 19:05 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 19:05 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21699 |
Actions (login required)
View Item |