DWI MAHARANI, INTAN (2024) Analisis pemahaman konsep matematis dalam menyelesaikan soal cerita bilangan bulat pada siswa kelas vi sd. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDU)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download (926kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download (160kB) | Preview |
Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (278kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (105kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (69kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download (201kB) | Preview |
Preview |
Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version Download (136kB) | Preview |
Abstrak
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman konsep matematis siswa kelas VI SD N 1 Bulungcangkring. Dengan tujuan agar mengetahui seberapa besar kemampuan siswa dalam memahami konsep matematis khususnya dalam menyelesaikan soal cerita bilangan bulat kelas VI di SD N 1 Bulungcangkring. Pemahaman Konsep Matematis adalah kemampuan dalam memahami dan mengerti suatu ide abstrak atau prinsip dasar dari suatu objek matematika, dimana tidak hanya mengingat dan mengetahui apa yang dipelajari tetepi juga mampu mengungkapkan dalam bentuk lain yang mudah dimengerti dan menyelesaikan suatu masalah matematika. Soal cerita adalah soal yang disajikan dalam bentuk cerita yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari yang didalamnya terkandung konsep matematika. Penelitan ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif adalah metode yang digunakan untuk menemukan pengetahuan terhadap subjek penelitian pada suatu saat tertentu Dalam penentuan ini, penelitian tidak diambil secara acak tetapi dipilih berdasarkan kriteria. Pengembilan subjek dilakukan dengan teknik purposive. Maka dari 31 siswa SD N 1 Bulungcangkring peneliti memilih siswa yang dipilihkan oleh guru yaitu siswa HA, IML, AFN, BZH, MSR, dan NAD. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Model Interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika untuk siswa yang berkemampuan tinggi HA memenuhi 3 indikator, IML memenuhi 4 indikator pemahaman konsep, AFN memenuhi 3 indikator, BZH memenuhi 3 indikator, sedamgkan R1 memenuhi 1 indikator dan NAD tidak memenuhi indikator pemahaman konsep sama sekali. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penyebab siswa memiliki pemahaman konsep yang rendah adalah siswa belum memahami konsepnya karena siswa tidak menuliskan rumus, tidak menuliskan langkah-langkah penyelesaian matematisnya, tidak menemukan jawaban akhir. Guru diharapkan lebih menguatkan pemahaman konsep siswa, tidak hanya sekedar menghafal rumus.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1:Diana Ermawati, M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2:Lovika Ardana Riswari, M.Pd |
Kata Kunci: | Konsep Matematis, Soal Cerita Bilangan Bulat |
Subjects: | Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 20:47 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 20:47 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21768 |
Actions (login required)
View Item |