Pengaruh penggunaan flitar (flipbook seni tari) berbasis tari bedhaya tunggal jiwa terhadap kemampuan kreativitas siswa kelas v Di sdn ngaluran 2

DINI AMBARINANTI, BUNGA (2024) Pengaruh penggunaan flitar (flipbook seni tari) berbasis tari bedhaya tunggal jiwa terhadap kemampuan kreativitas siswa kelas v Di sdn ngaluran 2. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy

Abstrak

Permasalahan yang muncul di SDN Ngaluran 2 yaitu pembelajaran seni tari belum dilaksanakan secara optimal karena tidak tersedia bahan ajar yang menunjang serta kurangnya aktifnya siswa dalam kegiatan belajar dan rendahnya kemampuan kreativitas siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengetahui faktor – faktor apa saja yang menghambat kemampuan kreativitas siswa kelas V SDN Ngaluran 2 (2) mengetahui pengaruh penggunaan fliptar (flipbook seni tari) berbasis tari bedhaya tunggal terhadap hasil kemampuan kreativitas siswa kelas V materi desain kelompok dalam tari tradisi di SDN Ngaluran 2 Flitar (Flipbook seni tari) merupakan bahan ajar seni tari berbentuk elektronik yang dapat diakses melalui handphone adroid, di dalamnya terdapat materi pembelajaran seni tari yang dapat digunakan peserta didik dalam pembelajaran. Adapun yang disampaikan dalam flitar (flipbook seni tari) terdapat materi desain kelompok dalam tari tradisi berbasis tari bedhaya tunggal jiwa. Tari bedhaya tunggal jiwa merupakan tarian yang dipentaskan di Demak untuk berbagai khalayak, baik pejabat, masyarakat umum, maupun pihak-pihak yang membutuhkan dalam tradisi upacara ritual Grebeg Besar. Kemampuan kreativitas adalah kemampuan analisis sesuatu berdasarkan data atau informasi tersedia tetapi juga menghasilkan konsep baru. Yang jauh lebih lengkap dan konfigurasikan opsi ide yang berbeda untuk digunakan untuk memecahkan masalah Penelitian ini menggunakan Mixed Method dengan desain Ekplaratori ini dilaksanakan di kelas V SDN Ngaluran 2 dengan sampel 20 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk fase penelitian kualitatif. Sedangkan untuk fase penelitian kuantitatif menggunakan angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif mengunakan analisis data menurut Milles dan Huberman untuk data kualitatif, sedangkan untuk data kuantitaif menggunakan statistik deskriptif. Ada empat hal yang menghambat kreativitas siswa kelas V SDN Ngaluran 2 yaitu evaluasi, hadiah, persaingan, dan lingkungan yang membatasi, menurut peneliti. Kondisi awal yang siswa hanya mendengarkan penjelasan guru, siswa kurang tanggap terhadap lingkungan, siswa tidak dapat berpikir kreatif, dan siswa kurang akhif berpartisipasi dalam diskusi. Sebelum diberikan perlakukan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 33,7. Setelah diberi perlakukan dengan menggunaan flitar (flipbook seni tari) berbasis tari bedhaya tunggal mengalami peningkatkan dengan nilai rata-rata 84,85. Artinya flitar (Flipbook Seni Tari) mampu meningkatkan kreativitas siswa kelas V di SDN Ngaluran 2.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1:Much Arsyad Fardani, M.Pd., S.Pd DOSEN PEMBIMBING 2:Dr. Nur Fajrie, M.Pd., S.Pd.
Kata Kunci: : Flitar (Flipbook Seni Tari), Tari Bedhaya Tunggal Jiwa, Kemampuan Kreativitas
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Aug 2024 00:35
Last Modified: 05 Aug 2024 00:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21820

Actions (login required)

View Item View Item