Karunia,, Anggie (2024) Analisis program tomat (tolong, maaf, terima kasih) dalam mengembangkan kecerdasan sosial dan emosional siswa kelas 2 sd 2 tenggeles. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembiasaan program TOMAT (Tolong, Maaf, dan Terima kasih) pada siswa dalam perkembangan kecerdasan sosial emosional, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari penerapan program TOMAT (Tolong, Maaf, dan Terima Kasih) pada siswa kelas 2 SD 2 Tenggeles. Kegiatan pembiasaan TOMAT ditujukan untuk melatih keterampilan komunikasi pada anak. Kecerdasan sosial dan emosional siswa merupakan hubungan baik dengan orang lain, dengan guru, maupun orang tua. Untuk membantu agar anak usia sekolah dasar dapat mengontrol sosial-emosionalnya, maka perlu mengetahui perkembangan sosial dan emosi anak dengan mengungkapkan perilaku anak dan pengembangan suasana belajar yang memberikan perasaan senang, aman, bebas, dan nyaman serta sanggup, dapat membantu megembangkan sosial-emosinya anak usia sekolah dasar. Pembiasaan merupakan suatu metode yang sangat penting, terutama bagi anak-anak. Anak perlu dibiasakan dengan sesutatu yang baik maka anak akan mengubah seluruh sifat-sifat baik menjadi kebiasaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan naratif. Penelitian ini akan dilaksanakan di kelas 2 SD 2 Tenggeles Kudus dengan subjek penelitian 18 siswa dan guru. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian siswa SD 2 Tenggeles menerapkan pembiasaan TOMAT (Tolong, Maaf, Terima Kasih) dalam mengembangkan kecerdasan sosial dan emosional. Dalam hal ini siswa kelas 2 terlihat sudah cukup konsisten untuk menerapkan pembiasaan tersebut, meskipun terkadang masih harus di ingatkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembiasaan menerapkan TOMAT(Tolong, Maaf, Terima kasih) khususnya pada kelas 2 SD 2 Tenggeles cukup efektif untuk membantu siswa mengembangkan kecerdasan sosial dan emosionalnya yang ditunjukkan dengan saling tolong menolong, mampu berinteraksi dengan orang lain, dan mampu mengendalikan emosi. Hal ini juga di dukung oleh faktor penghambat maupun pendukung yaitu faktor individu, lingkungan, sekolah,orang tua dan psikologi.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Imaniar Purbasari M.Pd, selaku Dosen Pembimbing I Dr. Khamdun, M.Pd., selaku Dosen Pembimbing II |
Kata Kunci: | : Kecerdasan Sosial dan, Kecerdasan Emosional, Program TOMAT (Tolong, Maaf, dan Terima Kasih) |
Subjects: | Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 18:34 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 18:34 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21824 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
