Peningkatan minat dan aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran teams games tournament (tgt) pada pembelajaran ipas berbantuan Media google sites

PUTRI RIZKY KINANTHI, NABILLA (2024) Peningkatan minat dan aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran teams games tournament (tgt) pada pembelajaran ipas berbantuan Media google sites. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (417kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version

Download (555kB) | Preview
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (76kB) | Request a copy

Abstrak

Berdasarkan permasalahan yang terjadi di kelas IV SD 1 Ternadi, hal yang menjadi hambatan dalam pembelajaran IPAS yaitu Minat Belajar Siswa masih dapat dikatakan belum cukup baik. Hal ini disebabkan antusias siswa dalam belajar rendah, ketika siswa memasuki ruangan kelas dan dimulai dengan belajar IPAS siswa kurang bersemangat untuk mengikuti pembelajaran, sehingga siswa cenderung tidak aktif dan tidak merasa menjadi bagian dari kelas. Selain itu dalam pelaksanaan pembelajarannya belum mengunakan metode yang menarik dan bervariasi sehingga menyebabkan keaktifan belajar siswa menjadi rendah. Rendahnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran menyebabkan minat belajar yang rendah bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan aktivitas belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS BAB 5 Fase B “Cerita Tentang Daerahku” dengan menerapkan model pembelajaran TGT yang didukung oleh media Google Sites. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) yang dilakukan dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Lokasi penelitian ini adalah di SD 1 Ternadi, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Subjek penelitian adalah 16 siswa kelas IV SD 1 Ternadi semester 2 tahun pelajaran 2023/2024, terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada minat dan aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi, aktivitas siswa pada siklus I mencapai presentase rata-rata 76,25%, meningkat pada siklus II menjadi 83%. Sedangkan minat belajar siswa juga mengalami peningkatan, dengan presentase rata-rata siklus I sebesar 79,95%, meningkat pada siklus II menjadi 89,48%.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1:Sekar Dwi Ardianti M.Pd., DOSEN PEMBIMBING 2:F.Shoufika Hilyana S.Si, M.Pd.,
Kata Kunci: Minat Belajar, IPAS, Teams Games Tournament
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Aug 2024 19:09
Last Modified: 05 Aug 2024 19:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21835

Actions (login required)

View Item View Item