ADRISTI KUSUMA, RADHISYA (2024) Pengembangan media tesbom (tts blanded of matter) berbasis digital web untuk meningkatkan hasil Belajar siswa muatan ipas kelas v Sd n 4 kedungcino. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD N 4 Kedungcino khususnya pada muatan IPAS. Faktor utama rendahnya hasil belajar siswa diakibatkan oleh kurangnya penggunaan media dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu dalam penelitian ini peneliti mengembangkan media TESBOM (TTS Blanded Of Matter) berbasis digital web. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji kelayakan, mengetahui respon siswa, dan menguji keefektifan media TESBOM (TTS Blanded Of Matter) berbasis digital web. Media TESBOM (TTS Blanded Of Matter) berbasis digital web yang dikembangkan merupakan media game edukasi yang diintegrasikan dengan teknologi digital web dan juga materi muatan IPAS. Dengan pengintegrasikan media teka-teki silang (TTS) dengan teknologi digital web dan materi muatan IPAS diharapkan mampu menarik perhatian siswa terhadap materi IPAS sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD N 4 Kedungcino. Pada penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah metode (R&D) dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SD N 4 Kedungcino. Teknik uji coba produk menggunakan one grup pretest and posttest. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif (Uji Normalitas Shapiro Wilk dan Uji N-Gain). Hasil penelitian memperoleh rata-rata skor uji validitas media sebesar 93% dengan kategori kelayakan sangat layak, sedangkan hasil uji validitas materi diperoleh rata-rata skor sebesar 88,5% dengam kategori sangat layak. Hasil angket respon siswa memperoleh rata-rata skor sebesar 86,5% dengan kategori sangat layak. Uji normalitas hasil pretest diperoleh signifikansi (sig) sebesar 0,143 > 0,05, sedangkan hasil posttest diperoleh signifikansi (sig) sebesar 0,106 > 0,05 sehingga dapat dikatakan sebaran data tersebut berdistribusi normal. Hasil uji N-Gain diperoleh peningkatan rata-rata skor sebesar 0,5932 dengan kategori sedang dan berada pada kategori cukup layak. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pengembangan media TESBOM (TTS Blanded Of Matter) digital web ini dinyatakan sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Selain itu media ini juga dinyatakan efektif digunakan untuk meingkatkan hasil belajar siswa kelas V SD N 4 Kedugcino.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1:Dr. Khamdun, S.Pd., M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2:Lovika Ardana Riswari, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Teka-Teki Silang, Digital Web, Hasil Belajar, IPAS |
Subjects: | Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 19:24 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 19:24 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21840 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
