Pengembangan model pembelajaran berbasis alam untuk meningkatkan karakter cinta lingkungan anak usia dini di surakarta

MUNTOFINGAH, KHOTIMATUL (2024) Pengembangan model pembelajaran berbasis alam untuk meningkatkan karakter cinta lingkungan anak usia dini di surakarta. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (630kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (818kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (69kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar anak dari pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Alam untuk Meningkatkan Karakter Cinta Lingkungan Anak Usia Dini di Surakarta. Jenis metode penelitian ini adalah metode penelitian terapan dengan jenis mixmethods yang memiliki varian exploratory design. Desain penelitian menggunakan Penelitian dan Pengembangan (Research and Development atau R&D) dengan tiga tahap yaitu : Tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan dan tahap validasi. Tahap pendahuluan meliputi studi literatur, studi lapangan tentang analisis kebutuhan, deskripsi dan analisis kebutuhan dalam pengembangan penelitian, tahap pengembangan dan tahap validasi pengembangn model pembelajaran berbasis alam. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, kuisioner dan tes baik pretest maupun posttest di TK Alam Miftahul jannah, TK Aisyiyah Al Amin, TK Aisyiyah Punggawan dan Kb-TK Sains Qur’an Insan Cendekia. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Analisis penelitian ini menggunaan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Model pembelajaran berbasis alam dibutuhkan oleh guru dan murid untuk mengembangkan karakter cinta lingkungan. 2) Pengembangan model pembelajaran berbasis alam layak digunakan untuk mengembangkan karakter cinta lingkungan anak usia dini. 3) Nilai N-Gain pada kelas control sebesar 0,8103 dalam kategori tinggi dalam peningkatan karakter cinta lingkungan, nilai N-Gain % pada kelas control 81,03 yang masuk dalam kategori efektif. 4} Ada pengaruh signifikan dalam pengembangan model pembelajaran berbasis alam untuk meningkatkan karakter cinta lingkungan berbasis alam.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1:Dr. Ir. Endang Dewi Murrinie, M.P DOSEN PEMBIMBING 2:Dr. Drs. Su'ad, M.Pd.
Kata Kunci: Pembelajaran berbasis Alam, Karakter Cinta Lingkungan
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Aug 2024 19:07
Last Modified: 06 Aug 2024 19:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21874

Actions (login required)

View Item View Item