Aryanti,, Dewi (2024) Pengembangan bahan ajar e-book interaktif berbantuan canva materi bangun datar untuk siswa kelas iv sd. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis desain pengembangan bahan ajar e-book interaktif berbantuan canva materi bangun datar untuk siswa kelas IV SD; 2) menganalisis kelayakan dari pengembangan bahan ajar e-book interaktif berbantuan canva materi bangun datar untuk siswa kelas IV SD; dan 3) menguji keefektifan pengembangan bahan ajar e-book interaktif berbantuan canva materi bangun datar untuk siswa kelas IV SD. Metode penelitian mengaplikasikan Research and Development yang dikembangkan oleh Sugiyono menggunakan model Brog and Gall dengan 10 langkah penelitian yang disederhanakan dan disesuaikan menjadi 7 langkah penelitian sesuai kebutuhan peneliti, yaitu analisis potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk dan revisi produk. Data didapat dari wawancara dan dokumentasi. Sumber data berasal dari siswa, guru, validator data analisis dengan mengakumulasikan jumlah skor. Keefektifan bahan ajar e-book interaktif berbantuan canva diperoleh dari skor pretest dan posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data keefektifan bahan ajar e-book dianalisis dengan uji independent sample t-test dan uji N-Gain menggunakan SPSS. Hasil penelitian dan pengembangan adalah pengembangan e-book interaktif yang dibuat menggunakan aplikasi canva yang dipindahkan ke flipbook heyzen. E-book interaktif berbantuan canva dinyatakan sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan rata-rata hasil validasi ahli yaitu 95% dari ahli media, 95,2% dari ahli materi dan 95,33% dari ahli bahasa dengan kategori sangat layak. Sedangkan untuk respon siswa sebesar 89,17% dan respon guru sebesar 87,5% dengan kategori sangat layak. Keefektifan bahan ajar e-book interaktif berbantuan canva didapat dari rerata hasil posttest kelas kontrol dan eksperimen yaitu 87,85 untuk kelas eksperimen dan 75,70 untuk kelas kontrol. Artinya ada perbedaan hasil belajar posttest pada kelas kontrol dan eksperimen, yaitu hasil belajar posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Dalam uji N-Gain sendiri rata-rata N-Gain kelas eksperimen 0,65 sedangkan kelas kontrol 0,33. Artinya, ada peningkatan nilai di kelas eksperimen yang lebih baik dari kelas kontrol, sehingga penggunaan bahan ajar e-book berbantuan canva materi bangun datar untuk siswa kelas IV SD efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika SD.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Prof. Dr. Aida Soraya Md. Yunus, Dosen Pembimbing I Dr. Sumaji, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing II |
Kata Kunci: | e-book interaktif, canva, bangun datar, sekolah dasar |
Subjects: | Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 20:44 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 20:44 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21881 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
