KURNIATI, KURNIATI (2024) Pengembangan e_media pembelajaran interaktif berbasis hots pada pembelajaran ipas sekolah dasar Di kabupaten kudus. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran, merumuskan pengembangan desain media pembelajaran, menganalisis kelayakan media pembelajaran, dan menganalisis keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis HOTS pada pembelajaran IPAS Sekolah Dasar Kabupaten Kudus. Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis HOTS juga bertujuan meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir tingkat tinggi pada mata pelajaran IPAS materi sifat-cifat cahaya. Metode penelitian yaitu R&D (Research and Development). Metode penelitian menggunakan penelitian dan pengembangan yang dihasilkan berupa media pembelajaran interaktif berbasis HOTS. Penelitian ini menggunakan tujuh langkah, yaitu: 1) analisis potensi dan masalah, 2) pengumpulan informasi, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, dan 7) revisi produk. Penelitian dilakukan melalui 4 kegiatan yaitu: (1) menganalisis media pembelajaran, (2) pengembangan desain media pembelajaran, (3) kelayakan media pembelajaran yang digunakan, dan (4) efektifitas penggunaan media pembelajaran. Desain uji coba produk menggunakan pretest posttest control group design pada siswa di SD 1 Colo sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan mengakumulasikan jumlah skor Data keefektifan media pembelajaran interaktiif berbasis HOTS dianalisis dengan uji gain, uji t pada taraf signifikansi 0,05. Analisis kebutuhan siswa dan guru memerlukan media pembelajaran interaktif berbasis HOTS dapat digunakan untuk membantu mereka dalam mengajarkan pembelajaran IPAS tentang sifat-sifat Cahaya dalam kurikulum Merdeka. Media pembelajaran berkategori layak dan sangat valid dengan rata-rata validitas uji materi 85% (sangat valid), sedangkan validitas uji media sebesar 94% (sangat valid). Peningkatan hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar setelah menggunakan media pembelajaran berbasis HOTS menunjukkan n-gain sebesar 0,6 termasuk kriteria sedang. Hasil uji t menunjukkan 17,920 > 0,05 dinyatakan diterima dan terdapat perbedaan hasil belajar pada nilai pretest dan post test. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis HOTS layak digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Selanjutnya saran guru diminta mengikuti pelatihan agar memahami dan menguasai model dan media pembelajaran terkini yang mendukung proses belajar mengajar
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd sebagai dosen Pembimbing I Dr. Gunadi Setiadi, S.IP., M.Pd. Pembimbing II |
Kata Kunci: | Media Pembelajaran interaktif, HOTS |
Subjects: | Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 21:00 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 21:00 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21886 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
