Nofeniasari,, Shinta (2024) Pengaruh model problem based learning ( pbl ) dengan pendekatan technological, pedagogical, and content knowledge ( tpack ) terhadap hasil belajar bahasa indonesia pada siswa kelas iv sd gugus elang kecamatan mlonggo. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Proses pembelajaran tidak terlepas dari adanya kendala, salah satunya bebrapa siswa yang kurang memahami materi kalimat efektif, guru belum menggunakan pendekatan, media, model secara maksimal sehingga proses pembelajaran menjadi kurang efektif, pada penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan problem based learning dengan pendekatan Technological Pedagogical Content Knowladge komponen technological content knowledge (TCK), pendekatan Technological Pedagogical Content Knowladge komponen technological pedagogical knowledge (TPK) , Technological Pedagogical Content Knowladge komponen pedagogical content knowledge (PCK) pada materi kalimat efektif terhadap hasil belajar siswa di Kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi ekperimental design yaitu desain ini mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang memepengaruhi pelaksanaan eksperimen (Sugiyono, 2019). Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan tes. Teknik Pengambilan Sampel menggunakan simple random sampling. Data hasil tes tersebut dianalisis secara kuantitatif menggunakan bantuan software SPSS 26 . Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) variabel PBL dengan pendekatan TPACK komponen TPK menunjukkan nilai sig. 0,000<0,05, sehingga PBL dengan pendekatan TPACK komponen TPK efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, 2) variabel PBL dengan pendekatan TPACK komponen TCK menunjukkan nilai sig 0,000<0,05. Sehingga PBL dengan pendekatan TPACK komponen TCK efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dan 3) variabel PBL dengan pendekatan TPACK komponen PCK menunjukkan nilai sig. 0,000<0,05, Sehingga PBL dengan pendekatan TPACK komponen PCK efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa PBL dengan pendekatan TPACK komponen TPK dan TCK, dan PCK efektif digunakan dalam proses belajar bahasa Indonesia materi kalimat efektif.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Irfai Fathurrohman, M.Pd sebagai pembimbing I Dr. Nur Fajrie, M.Pd sebagai pembimbing II |
Kata Kunci: | Problem Based Learning, TPACK, Bahasa Indonesia |
Subjects: | Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 23:40 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 23:40 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21892 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
