Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepemimpinan pembelajaran sekolah dasar di era kurikulum merdeka Kabupaten kudus

SOFIYATI, DEWI (2024) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepemimpinan pembelajaran sekolah dasar di era kurikulum merdeka Kabupaten kudus. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (543kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (808kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisa pengaruh Soft Skill terhadap kepemimpinan pembelajaran di era kurikulum merdeka di Kabupaten Kudus; (2) menganalisa pengaruh demensi kompetensi kepala sekolah terhadap kepemimpinan pembelajaran di era kurikulum merdeka di Kabupaten Kudus; (3) menganalisa lingkungan kerja terhadap kepemimpinan pembelajaran di era kurikulum merdeka di Kabupaten Kudus; Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode survey dalam pertanyaan tertutup dengan 5 alternatif pilihan skala likert. Subyek penelitian Kepala Sekolah di Kabupaten Kudus sejumlah 120 orang dengan teknik purposive sampling. Pengujian instrumen penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas sebagai syarat uji kuesioner yang layak. Analisis data penelitian ini menggunakan Analisis Structural Equation Modeling (SEM) yang diawali dengan confirmatory factor analysis variabel eksogen dan endogen dilanjutkan dengan membuat model pengukuran dan model structural dengan beberapa kali modifikasi sesuai software AMOS 24 hingga diperoleh model struktural yang fit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Soft Skill berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis yang menunjukkan nilai CR sebesar 2,168 >1,96 dan nilai p-value sebesar 0,03 < 0,05. Artinya jika soft skill tinggi maka akan meningkatkan kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah. Dimensi Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah yang berarti H2 diterima. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis yang menunjukkan nilai CR sebesar 3,211>1,96 dan nilai p-value sebesar 0,001 < 0,05. Artinya jika kepala sekolah memiliki kompetensi tinggi maka kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah pun akan tinggi. Pengembangan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah yang berarti H3 diterima. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis yang menunjukkan nilai CR sebesar 3,026 >1,96 dan nilai p-value sebesar 0,002 < 0,05. Artinya jika Pengembangan lingkungan kerja tinggi maka kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah pun akan tinggi. Penelitian ini disimpulkan Soft Skill, Kompetensi Kepala Sekolah, Pengembangan Lingkungan Kerja berpengaruh langsung pada Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah SD Di Kabupaten Kudus.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1:Dr. Sri Utaminingsih. M.Pd., DOSEN PEMBIMBING 2:Dr. Suad, M.Pd
Kata Kunci: Kepemimpinan Di Sekolah, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepemimpinan Pembelajaran, Soft Skill Kepemimpinan Pembelajaran, Kurikulum Merdeka
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Aug 2024 00:03
Last Modified: 07 Aug 2024 00:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21900

Actions (login required)

View Item View Item