Analisis faktor yang mempengaruhi kompetensi digital guru smp Di kabupaten kudus

YUSRO, YUSRO (2024) Analisis faktor yang mempengaruhi kompetensi digital guru smp Di kabupaten kudus. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh soft skill terhadap kompetensi digital guru SMP di Kabupaten Kudus, (2) menganalisis pengaruh dukungan lingkungan terhadap kompetensi digital guru SMP di Kabupaten Kudus, (3) menganalisis pengaruh pemanfaatan media terhadap kompetensi digital guru SMP di Kabupaten Kudus. Kompetensi digital guru mempengaruhi efektivitas pembelajaran era 4.0 yang dapat meningkatkan motivasi dan kreativitas siswa dikelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode survey dalam pertanyaan tertutup dengan 5 pilihan skala likert.. Subyek penelitian guru SMP Negeri di Kabupaten Kudus sejumlah 123 guru dengan teknik purposive sampling. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas sebagai syarat uji kuesioner yang layak. Analisis data menggunakan Analisis Structural Equation Modeling (SEM) yang diawali dengan confirmatory factor analysis variabel eksogen dan endogen dilanjutkan dengan membuat model pengukuran dan model struktural dengan respesifikasi sesuai software AMOS 24 hingga diperoleh model struktural yang fit. Hasil penelitian menunjukkan (1) soft skill nilai Critical Ratio (C.R) sebesar 1,342 ≤ 1,967 dan nilai probabilitas (P) sebesar 0,18 ≥ 0,05 maka H0 diterima (hipotesis penelitian ditolak) artinya soft skill tidak berpengaruh secara langsung pada kompetensi digital. (2) Dukungan lingkungan nilai C.R sebesar 2,625 ≥ 1,967 dan nilai probabilitas (P) sebesar 0,009 ≤ 0,05 maka H0 ditolak (hipotesis penelitian diterima) artinya dukungan lingkungan berpengaruh positif dan signifikan secara langsung kompetensi digital guru. (3) Pemanfaatan media digital nilai C.R sebesar 3,352 ≥ 1,967 dan nilai probabilitas (P) sebesar 0,000 ≤ 0,05 maka H0 ditolak (hipotesis penelitian diterima) artinya pemanfaatan media digital berpengaruh positif dan signifikan secara langsung pada kompetensi digital guru. Data tersebut juga menunjukkan bahwa pemanfaatan media digital paling dominan dalam mempengaruhi kompetensi digital guru. Penelitian ini disimpulkan bahwa soft skill tidak berpengaruh langsung terhadap kompetensi digital, namun dukungan lingkungan dan pemanfaatan media digital berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap kompetensi digital guru. Penelitian ini disarankan, bahwa: 1) kepala sekolah memberikan dukungan yang penuh pada guru untuk meningkatkan kompetensi digitalnya, 2) guru perlu meningkatkan kemampuan soft skillnya terkait bernalar kritis, berpikir kreatif, komunikatif dan kolaboratif serta memanfaatkan media digital pada proses pembelajaran, 3) disdikpora perlu mengadakan pelatihan pelatihan digital yang memfasilitasi guru dan 4) siswa diharapkan mampu meningkatkan semangatnya dalam belajar dan selalu mengikuti perkembangan teknologi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1:Dr. Sri Utaminingsih. M.Pd., DOSEN PEMBIMBING 2:Dr. Eko Darmanto, S.Kom. M.Cs
Kata Kunci: soft skill, dukungan lingkungan, pemanfaatan media, kompetensi digital guru.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Aug 2024 21:06
Last Modified: 07 Aug 2024 21:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21922

Actions (login required)

View Item View Item