Pengembangan e-modul matematika untuk Meningkatkan kemampuan pemahaman matematis Peserta didik mts kelas viii pada materi lingkaran

HUSNA, LAILI NURUL (2024) Pengembangan e-modul matematika untuk Meningkatkan kemampuan pemahaman matematis Peserta didik mts kelas viii pada materi lingkaran. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

ermasalahan utama yang terjadi di MTs. Raudlatus Shibyan pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman yang dikarenakan kurangnya bahan ajar untuk mendukung pembelajaran. Berdasarkan angket hasil studi pendahuluan yang telah diisi peserta didik, 52% peserta didik tertarik belajar matematika, 49% peserta didik aktif dalam pembelajaran matematika. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendiskripsikan proses pengembangan media pembelajaran e-modul lingkaran untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik; (2) menguji validitas e-modul lingkaran untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik; (3) menguji kepraktisan penerapan e-modul lingkaran untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik; (4) menguji keefektifan e-modul lingkaran untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik. Penelitian Research and Development (R&D) ini dilaksanakan di kelas VIII di MTs. NU Raudlatus Shibyan pada semester genap. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah ADDIE yang meliputi langkah-langkah: (1) analysis; (2) design; (3) development; (4) implementation; dan (5) evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi angket dan wawancara. Instrumen penelitian meliputi lembar wawancara (studi pendahuluan, analisis kebutuhan, uji skala luas, kepraktisan, dan keefektifan), lembar angket (studi pendahuluan, validasi ahli materi, validasi ahli media, kepraktisan, dan keefektifan). Analisis data yang digunakan meluputi analisis proses pengembangan media, analisis validasi media, analisis kepraktisan media, dan analisis keefektifitas media. E-Modul lingkaran berisi tentang materi lingkaran yang dikaitkan dengan kemampuan pemahaman matematis, kegiatan inti pada e-modul lingkaran diantaranya prasyarat, materi, latihan soal, dan evaluasi peserta didik. Hasil penilaian vaiditas ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa e-modul lingkaran termasuk dalam kategori valid dengan skor rata-rata 3,49 dan 3,39. Hasil penilaian respon kepraktisan guru memperoleh skor rata-rata 3,40 dan dikategorikan praktis dan hasil respom kepraktisan peserta didik mendapat skor rata-rata 3,41. Hasil keefektifitas media pembelajaran e-modul menunjukkan adanya perbedaan rata-rata, ketuntasan KKM, dan peningkatan kemampuan pemahaman matematis dalam penggunaan e-modul lingkaran. Dari hal tersebut menunjukkan bahwa e-modul lingkaran valid, praktis, dan efektif sehingga layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Himmatul Ulya, S.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Jayanti Putri Purwaningrum, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: E-Modul, Flip PDF Professional, Kemampuan Pemahaman Matematis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Feb 2025 19:18
Last Modified: 06 Feb 2025 19:18
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/22814

Actions (login required)

View Item View Item