Maulana, Fany Ardian (2024) Student’s perception of using tedx youtube podcast in listening comprehesion at english education department universitas muria kudus. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 6)
Bab 6 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Peniliti menemukan bahwa penggunaan media dalam kelas listening cukup beragam, misalnya penggunaan audio dan video YouTube. Saat ini, teknologi menjadi salah satu media pembelajaran yang digunakan untuk melatih kemampuan menyimak siswa. Penggunaan YouTube dalam pembelajaran listening dapat memberikan dampak negatif maupun positif bagi siswa. Dalam hal ini, peneliti ingin mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap penggunaan YouTube sebagai media pembelajaran dalam kelas listening dengan menggunakan TEDx. Penelitian ini mengeksplorasi persepsi siswa tentang pembelajaran bahasa yang difasilitasi oleh media Podcast, secara khusus berfokus pada pandangan mereka tentang Podcast Youtube TEDx. Penelitian ini terutama bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana siswa memandang pengalaman belajar bahasa yang menarik. Partisipan penelitian adalah mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Muria Kudus. Metodologi penelitian kualitatif digunakan untuk analisis data, dengan menggunakan teori dari Bimo Walgito (1997). Pengumpulan data meliputi kuesioner dan wawancara.Temuan dari aspek kognitif menunjukkan sebagian besar persepsi positif (56,8%), di samping tanggapan netral (22,4%) dan negatif (20,8%). Aspek efektif menunjukkan sebagian besar persepsi positif (50,4%), dengan beberapa tanggapan netral (22,4%) dan negatif (27,2%). Aspek konatif menghasilkan sebagian besar persepsi positif (50,4%), dengan beberapa tanggapan netral (25,6%) dan negatif (24%). Analisis data menunjukkan bahwa penggunaan podcast youtube TEDx memiliki dampak positif terhadap suasana hati, kemampuan dan minat siswa dalam proses pembelajaran. Terkait aspek efektif, sebagian besar siswa (50,4%) merasakan dampak positif dari pembelajaran dengan podcast TEDx youtube podcast. Meskipun dianggap kurang signifikan, aspek efektif tetap memegang peranan penting dalam persepsi siswa terhadap pembelajaran bahasa. Penggunaan podcast TEDx menghasilkan peningkatan kemampuan mendengar, perluasan kosakata dan kemudahan dalam belajar bahasa Inggris. Meskipun tidak terlalu menonjol, data menunjukkan bahwa pembelajaran mendengarkan dengan podcast TEDx memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan belajar dan kemahiran bahasa siswa. Kesimpulannya, data tersebut menyoroti pengaruh positif dari penggunaan podcast TEDx terhadap pengalaman belajar bahasa siswa, meningkatkan sikap, minat, dan keterampilan praktis dalam menyimak. Meskipun aspek efektifitasnya kurang menonjol karena keterbatasan kemampuan awal siswa dan kurangnya fitur belajar yang lengkap, media ini tetap memberikan dampak positif. Temuan wawancara lebih lanjut memvalidasi dampak positif dari podcast TEDx, yang berkontribusi pada peningkatan skil mendengarkan siswa dan peningkatan bahasa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Dr. Ahdi Riyono, S.S., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2. (2) Dr. Slamet Utomo, M.Pd. |
Kata Kunci: | Persepsi Siswa, Podcast, Pembelajaran Mendengarkan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 15 May 2025 03:09 |
Last Modified: | 15 May 2025 03:09 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23769 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
