Khoirun Nisa’, Alifa (2024) The effectiveness of using spotify to teach listening comprehension at tenth grade students’ of smkn 1 kudus in academic year 2023/2024. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 6)
Bab 6 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Mendengarkan merupakan aspek kunci dalam komunikasi dan juga sangat penting dalam kelas bahasa asing. Mendengarkan tidak hanya mendengar, tetapi juga memperhatikan dengan seksama, memproses, memahami, dan mengevaluasi pesan yang diucapkan, dan mungkin bertindak berdasarkan apa yang telah didengar. Oleh karena itu, menyimak merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang perannya sangat luas dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan dalam pemahaman menyimak siswa kelas sepuluh SMKN 1 Kudus tahun ajaran 2023/2024 sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan Aplikasi Spotify. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen satu kelompok. Peneliti mengambil satu kelas dengan menggunakan teknik purposive sampling sebagai sampel penelitian. Peneliti mengambil satu kelas di kelas sepuluh (Busana) yaitu X TB 1 yang terdiri dari 34 siswa. Peneliti menggunakan tes sebagai instrumen. Tes tersebut berisi tentang pemahaman siswa dalam menyimak. Tes tersebut terdiri dari pre-test dan post-test. Ada 20 soal pilihan ganda yang diberikan oleh peneliti. Pre-test diberikan sebelum menggunakan aplikasi Spotify untuk mendapatkan data mengenai pengetahuan awal siswa, sedangkan post-test diberikan setelah menggunakan aplikasi Spotify pada smartphone. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan aplikasi Spotify (Pre-test) adalah 64.26 dan nilai rata-rata siswa setelah menggunakan aplikasi Spotify (Post-test) adalah 90.29. Pada penelitian ini, hasil perhitungan t-test adalah 7.665 dan t-tabel adalah 2.040, maka t-test lebih tinggi dari t-tabel, yaitu 7.665 > 2.040. Sedangkan nilai sig (2-tailed) menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar (0.000) yang berarti lebih rendah dari nilai sig (0.05), maka H₀ ditolak dan alternatif H₁ diterima. Kesimpulannya, ada perbedaan yang signifikan dalam pemahaman mendengarkan pada siswa kelas sepuluh SMKN 1 Kudus tahun ajaran 2023/2024 sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan Aplikasi Spotify.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Dr. Titis Sulistyowati, S.S., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2. Dr. Diah Kurniati, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Spotify, Podcast, Listening Comprehension |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 15 May 2025 03:26 |
Last Modified: | 15 May 2025 03:26 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23772 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
