SALMA FARUQ, NABILA AYU YULIA (2024) Pengaruh work study conflict terhadap academic burnout pada mahasiswa bekerja. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Abstrak
Di era globalisasi dan perkembangan ekonomi saat ini, semakin banyak mahasiswa yang memutuskan untuk bekerja sambil menyelesaikan studi mereka. Keputusan ini sering kali didorong oleh kebutuhan finansial, keinginan untuk mendapatkan pengalaman kerja, atau untuk memperluas jaringan profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh konflik antara pekerjaan dan studi (work study conflict) terhadap kelelahan akademik (Academic Burnout) di kalangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Work study conflict adalah situasi di mana tuntutan pekerjaan dan studi saling bertentangan, sehingga individu yang menjalani kedua peran tersebut mengalami kesulitan untuk menyeimbangkannya. Konflik ini dapat terjadi karena berbagai faktor, seperti keterbatasan waktu, beban kerja yang tinggi, tuntutan dari atasan atau dosen, serta ekspektasi yang berbeda dari kedua peran tersebut. Academic burnout adalah kondisi kelelahan emosional, depersonalisasi, dan penurunan prestasi akademik yang dialami oleh mahasiswa akibat tekanan yang berkelanjutan. Burnout dapat mengakibatkan berbagai dampak negatif, baik secara fisik maupun psikologis, termasuk penurunan motivasi, penurunan kualitas tidur, gangguan kesehatan mental, dan menurunnya kinerja akademik. Menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui survei Kuesioner yang dirancang untuk mengukur tingkat work study conflict dan academic burnout pada mahasiswa PGSD Universitas Muria Kudus. Berdasarkan hasil analisis, pada tabel 4.10 membuktikan bahwa work study conflict (x) berpengaruh tidak signifikan terhadap academic burnout (Y) sehingga hipotesis satu (H1) yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara work study conflict (X) terhadap academic burnout (Y) pada mahasiswa bekerja di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar diterima. Hasil tersebut mempunyai arti bahwa work study conflict mahasiswa bekerja di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muria Kudus dapat mempengaruhi secara tidak signifikan terhadap academic burnout. Pengaruh yang diakibatkan work study conflict tidak berdampak pada academic burnout mahasiswa bekerja apabila mahasiswa tersebut mampu dengan baik memanajemen waktu dengan baik terkait waktu untuk kuliah, tugas kuliah dan kegiatan yang berkaitan dengan perkuliahan lainnya.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Fina Fakhriyah, S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing: 2.uch. Arsyad Fardani, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Work Study Conflict, Academic Burnout |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 16 May 2025 03:36 |
Last Modified: | 16 May 2025 03:36 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23814 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
