Peningkatan keterampilan menulis puisi naratif menggunakan model quantum learning berbantuan media gambar berseri kelas iv sdn 3 jati kulon

RISMAYANTI, TIARA (2024) Peningkatan keterampilan menulis puisi naratif menggunakan model quantum learning berbantuan media gambar berseri kelas iv sdn 3 jati kulon. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi naratif menggunakan motode quantum learning berbantuan media gambar berseri, mendeskripsikan keterampilan mengajar guru, dan mendeskripsikan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam materi menulis puisi pada BAB 6 “Cita-Citaku” kelas IV SDN 3 Jati Kulon. Keterampilan menulis puisi merupakan suatu kegiatan yang mengutamakan gagasan, ide, imajinasi sebagai pondasi utama dalam pembentukan sebuah karya sastra puisi dengan memperhatikan pemilihan kata sehingga tercipta sebuah tulisan yang indah yang bisa dirasakan dan dinikmati oleh pembaca. Gambar berseri merupakan media yang membantu siswa dalam memainkan imajinasi serta memudahkan untuk pemilihan kata. Selain itu metode pembelajaran quantum learning akan menjadikan suatu proses pembelajaran itu akan berjalan dengan baik, sehingga mampu meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keterampilan menulis puisi naratif menggunakan metode quantum learning berbantuan media gambar berseri, keteramplan mengajar guru, serta aktivitas belajar siswa pada materi BAB 6 “Cita-Citaku”. Hasil tes menulis puisi naratif meningkat secara signifikan, pada siklus I memperoleh 61,9% meningkat pada siklus II menjadi 85,7%. Sedangkan keterampilan mengajar guru mengalami peningkatan, pada siklus I memperoleh 75,8% dengan kriteria baik meningkat pada siklus II memperoleh 93,3% dengan kriteria sangat baik. Serta peningkatan pada aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh 69,4% dengan kategori cukup meningkat pada siklus II memperoleh 81,4% dengan kategori baik. Hal ini membuktikan bahwa adanya peningkatan setelah penerapan model quantum learning berbantuan media gambar berseri saat pembelajaran Bahasa Indonesia siswa Kelas IV SDN 3 Jati Kulon. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas atau PTK yang sudah dilaksanakan pada kelas IV SDN 3 Jati Kulon, dapat disimpulkan bahwa adanya penggunaan model quantum learning berbantuan media gambar berseri dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi naratif siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Dr. Erik Aditia Ismaya , S.Pd., M.A. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Irfai Fathurohman, M.Pd.
Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Menulis Puisi, Quantum Learning, Gambar Berseri
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 17 May 2025 01:40
Last Modified: 17 May 2025 01:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23826

Actions (login required)

View Item View Item