Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model student teams achievement division berbantuan media pembelajaran roda berputar siswa sekolah dasar

Fatchiyah S, Rifqiana (2024) Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model student teams achievement division berbantuan media pembelajaran roda berputar siswa sekolah dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Proses pembelajaran yang mononton dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan degan realita yang ditemui di SDN 1 Getas Pejaten. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan guru dengan upaya menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division berbantuan media roda putar pada pembelajaran tematik tema VI. Hasil belajar adalah hasil dari perubahan yang terjadi setelah siswa melalui proses belajar yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau skor yang diperoleh siswa. Model Student Teams Achievement Division merupakan model pembelajaran yang meningkatkan motivasi belajar dengan pembelajaran berkelompok secara hiterogen, bertanggung jawab, dan memacu siswa untuk saling membantu sama lain dalam menguasai materi keterampilan yang sedang di pelajari. Media roda putar adalah media yang terdapat beberapa sektor yang terdapat pertanyaan.. Penelitian ini merupakan penelitian tindak kelas (PTK) dilaksanakan di kelas III SDN 1 Getas Pejaten Kudus dengan subjek 27 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Student Teams Achievement Division berbantuan media roda putar. Sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan guru. Teknik pengmpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa penerapan menerapkan model Student Team Achievement Division berbantuan media roda putar dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas belajar, dan keterampilan guru. hal ini dilihat dari hasil presentase belajar siswa pada siklus I (66 %) dengan nilai rata-rata 71 dan meningkat pada siklus II (100%) dengan nilai rata-rata 80. Aktivitas belajar siswa pada siklus I (71%) dan meningkat pada sikus II (83%). Keterampilan guru pada siklus I (81%) dan meningkat (93%). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Student Team Achievement Division berbantuan media roda putar dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas belajar dan keterampilan guru pada pembelajaran Tematik tema 8 siswa kelas III SD 1 Getas Pejaten Kudus.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Dr. Wawan Shokib Rondli, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2. Diana Ermawati, M.Pd.
Kata Kunci: Peningkatan Hasil Belajar, Student Teams Achievement Division, Roda Putar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 17 May 2025 01:58
Last Modified: 17 May 2025 01:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23829

Actions (login required)

View Item View Item