Clandia, Yosi Vanda (2024) Analisis kesalahan penggunaan imbuhan dan kata depan pada karangan narasi siswa sekolah dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Hasil observasi dalam penelitian ini yaitu dilakukan pada tanggal 18 Oktober 2023 yang dilaksanakan di SDN 01 Bulungcangkring pada siswa kelas IV ditemukan masalah adanya beberapa penulisan karangan siswa yang tidak benar seperti penggunaan imbuhan dan kata depan yang tidak sesuai menurut Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Keterampilan menulis adalah kemampuan untuk menyusun kata-kata, kalimat, dan paragraf secara efektif dan koheren dalam bentuk tulisan. Imbuhan merupakan bunyi yang ditambahkan pada sebuah kata dasar, baik di awal, di akhir, di tengah atau gabungan di antara ketiganya untuk membentuk kata baru. Kata depan merupakan salah satu jenis kata yang digunakan pada bagian depan dari sebuah kata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif studi kasus Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Penelitian ini menemukan bahwa siswa kelas IV SDN 01 Bulungcangkring sering melakukan kesalahan dalam penggunaan imbuhan dan kata depan, yang berdampak pada perubahan makna dan kejelasan kalimat dalam karangan narasi. Kesalahan ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman terhadap aturan tata bahasa, keterbatasan latihan, serta kekurangan kosakata dan kemampuan menyusun kalimat. Untuk mengatasi masalah ini, guru menerapkan strategi seperti latihan rutin, pendekatan kontekstual, dan penggunaan media interaktif, serta memberikan umpan balik konstruktif. Strategi-strategi ini efektif dalam meningkatkan pemahaman tata bahasa dan keterampilan menulis siswa. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas IV SDN 01 Bulungcangkring sering melakukan kesalahan dalam penggunaan imbuhan dan kata depan, yang mempengaruhi makna dan kejelasan kalimat dalam karangan narasi. Kesalahan ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman tata bahasa dan latihan yang terbatas. Guru berhasil meningkatkan keterampilan menulis siswa dengan menerapkan latihan rutin, pendekatan kontekstual, media pembelajaran interaktif, dan umpan balik konstruktif.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Dr. Wawan Shokib Rondli, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2. (2) Lintang Kironoratri, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Imbuhan, Kata Depan, Karangan narasi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 17 May 2025 02:20 |
Last Modified: | 17 May 2025 02:20 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23833 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
