Wijayati, Sri (2024) Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement divisions (stad) terhadap kemandirian belajar siswa pada pembelajaran pendidikan pancasila materi ”pancasila dalam diriku” kelas iv sd n 3 nalumsari. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Materi ”Pancasila Dalam Diriku” Kelas IV SD N 3 Nalumsari. Ditemukan dalam pelajaran pendidikan pancasila menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran masih belum ideal. Peneliti menemukan fakta bahwa ada beberapa peserta didik yang belum bisa bersikap mandiri dalam belajar, terlihat tidak memperhatikan penjelasan gurunya, kurang percaya diri, mengeluh ketika diberi tugas, kurang aktif dalam belajar, ketika tidak ada guru mereka lebih memilih bermain dikelas daripada belajar sendiri. Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) adalah salah satu model pembelajaran kooperatif yang menggunakan kelompok kecil dengan sekitar empat hingga lima siswa perkelompok. Kemandirian belajar didefinisikan sebagai kesiapan seseorang yang memiliki keinginan dan mampu belajar sendiri. Pendidikan Pancasila merupakan upaya sistematis untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada peserta didik guna membentuk karakter yang berintegritas, bertanggung jawab, dan berkepribadian luhur sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan pre eksperimental design dengan jenis one group pre-test and post-test design. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 3 Nalumsari. Teknik pengumpulan yang digunakan berupa kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Uji Paired Sample T-test dan Uji Gain pada aplikasi IBM SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan signifikan dalam kemandirian belajar siswa sebelum dan setelah penerapan model STAD. Uji Paired Sample T-test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 untuk data observasi dan kuesioner dengan N-Gain rata-rata menunjukkan peningkatan dalam kategori sedang. Penerapan model STAD berhasil menggerakkan siswa menjadi lebih mandiri. Nilai N-Gain berkisar antara 0.6828 hingga 0.6975. Kesimpulan penelitian ini Model STAD terbukti berpengaruh meningkatkan kemandirian belajar, dengan N-Gain rata-rata menunjukkan peningkatan dalam kategori sedang.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd, M.Pd Dosen Pembimbing: 2. Ahmad Bakhrudin, S.Pd.I, M.Pd. |
Kata Kunci: | Model Pembelajaran, Kooperatif , Student Team Achievement Divisions (STAD) , Kemandirian Belajar, Pendidikan Pancasila |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 17 May 2025 02:33 |
Last Modified: | 17 May 2025 02:33 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23836 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
