Motivasi belajar siswa kelas v sdn 4 bantrung studi kasus jenis pekerjaan orang tua di mayong jepara

Wulandari, Dwi (2024) Motivasi belajar siswa kelas v sdn 4 bantrung studi kasus jenis pekerjaan orang tua di mayong jepara. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN 4 Bantrung Studi Kasus Orang Tua Pekerja Garment Di Mayong Jepara. Keluarga memegang peran yang sangat signifikan dalam membentuk kepribadian anak-anak, sebab sebagian besar hidup anak-anak terjadi dalam lingkungan keluarga mereka. Keluarga merupakan unit kecil yang memiliki struktur kepemimpinan, serta anggota yang memiliki tanggung jawab, tugas, hak, dan kewajiban masing masing. Orang tua memiliki peran yang krusial dalam mendorong motivasi belajar anak-anak mereka. Motivasi dan proses belajar saling memengaruhi satu sama lain. Belajar adalah usaha yang disengaja dan terencana untuk mencapai perubahan perilaku yang relatif permanen guna mencapai tujuan yang diharapkan. Motivasi muncul sebagai hasil dari dorongan atau sumber energi yang menggerakkan proses belajar. Motivasi juga timbul akibat adanya keinginan atau kebutuhan dalam diri seseorang. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 4 Bantrung, Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis pekerjaan orang tua mempengaruhi motivasi belajar siswa di SDN 4 Bantrung. Siswa dari latar belakang pekerjaan profesional memiliki motivasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa dari latar belakang pekerjaan kurang profesional. Dukungan keluarga, cita-cita yang jelas, penghargaan, dan kegiatan belajar yang menarik berperan penting dalam meningkatkan motivasi siswa. Siswa dari keluarga profesional cenderung merasa lebih dihargai dan memiliki akses lebih baik ke kegiatan belajar yang relevan. Secara keseluruhan, dukungan dan keterlibatan keluarga serta relevansi kegiatan belajar sangat mempengaruhi motivasi siswa. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa pekerjaan orang tua, khususnya di sektor garment, mempengaruhi motivasi belajar siswa. Siswa dari keluarga pekerja garment cenderung memiliki motivasi belajar yang lebih rendah dibandingkan dengan siswa dari keluarga profesional. Namun, dukungan keluarga, guru, dan lingkungan sekolah yang kondusif dapat membantu meningkatkan motivasi belajar siswa. Secara keseluruhan, peran keluarga dan relevansi kegiatan belajar sangat penting dalam membentuk motivasi siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Dr. Wawan Shokib Rondli, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2. Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Pekerjaan, Orangtua, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 17 May 2025 02:42
Last Modified: 17 May 2025 02:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23837

Actions (login required)

View Item View Item