Rahmawati, Diah (2024) Pengaruh model pembelajaran ctl berbantuan media pop up book dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa sd. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa dalam menerima materi pelajaran. Hal ini dikarenakan literasi membaca siswa masih rendah. Berdasarkan wawancara dan observasi yang dilakukan di SD N 1 Guwosobokerto pembelajaran hanya sebatas guru menyampaikan materi saja dan mengerjakan soal. Masalah dalam penelitian ini apakah terdapat rata-rata skor dan seberapa besar peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran CTL berbantuan media Pop up book. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengukur perbedaan rata-rata skor pada kemampuan berpikir kreatif dan seberapa besar peningkatan model pembelajaran CTL terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SD. Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan model yang melibatkan siswa untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dengan kehidupan nyata. Pop up book adalah sebuah buku memiliki bagian yang dapat bergerak atau memiliki unsur 3 dimensi untuk menunjang pembelajaran yang memuat materi sistem gerak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Pre Eksperimental Design yang dilaksanakan dikelas VI SD N 1 Guwosobokerto dengan subjek penelitian 18 siswa. Variabel bebas dari penelitian ini adalah model pembelajaran CTL berbantuan media Pop up book sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kreatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, teknik wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji t (t-test), dan analisis N-Gain. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest pada hasil belajar siswa yang ditunjukkan menggunakan uji paired sample t-test diketahui nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedan signifikan antara nilai pretest dan posttest. Penelitian ini guru hendaknya dapat menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media pop up book dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2. Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | CTL, Kemampuan Berpikir Kreatif, Pop up book |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 17 May 2025 03:05 |
Last Modified: | 17 May 2025 03:05 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23840 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
