Peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model inkuiri berbantu media konkret di kelas v sd

KANTIRAHAYU, MYA (2024) Peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model inkuiri berbantu media konkret di kelas v sd. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Belajar merupakan suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang. Perubahan sebagai hasil dari proses belajar dapat ditunjukkan dalam berbagai bentuk, seperti perubahan pengetahuan, pemahaman, tingkah laku, keterampilan, kebiasaan, serta perubahan aspek-aspek yang ada pada diri individu yang sedang belajar. Sebagai mana yang terjadi di SD Negeri 6 Jekulo, masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model inkuiri berbantu media konkret di kelas V SD. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar peserta didik, serta peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran inkuiri berbantu media konkret berupa alat bantu sederhana yang dibuat dari bahan-bahan yang mudah dijumpai di sekitar kita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian tindakan. Dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam mengumpulkan data di lapangan yaitu menggunakan teknik pengumpulan berupa wawancara, observasi, tes dan juga dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Untuk teknik analisis data secara kualitatif sendiri yaitu menggunakan data hasil pengamatan selama penelitian berlangsung yang di deskripsikan ke dalam kalimat. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan memperoleh hasil penelitian berupa meningkatnya keterampilan guru dalam proses mengajar. Dimana pada siklus I keterampilan guru dalam mengajar memperoleh hasil sebesar 69% sedangkan pada siklus II keterampilan mengajar guru meningkat sebesar 79%. Untuk aktivitas belajar peserta didik juga mengalami peningkatan, dimana pada siklus I aktivitas belajar peserta didik sebesar 64% sedangkan pada siklus II meningkat sebesar 79% kemudian untuk hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 50% meningkat pada siklus II menjadi 75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri berbantu media konkret dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar peserta didik serta meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SD N 6 Jekulo.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Dr. Khamdun, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Inkuiri, Media Konkret.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 May 2025 01:43
Last Modified: 19 May 2025 01:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23857

Actions (login required)

View Item View Item