Nikmah, Ani Rizana (2024) Analisis pembentukan karakter peserta didik mi nu miftahul ulum 01 honggosoco jekulo kudus. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis pembentukan Pendidikan Karakter di MI NU Miftahul Ulum 01 Honggosoco Jekulo Kudus dan menjelaskan nilai-nilai karakter yang sudah diterapkan di MI NU Miftahul Ulum 01 Honggosoco Jekulo Kudus. Guru telah melaksanakan pendidikan karakter dan menjalankan proses pebentukan karakter dengan cara pengintegrasian dengan kegiatan pembelajaran yang ada, serta dengan keteladanan guru sebagai yang sangat ditonjolkan di lingkungan sekolah meskipun begitu guru belum sepenuh nya menjalankan seluruh pendidikan karakter berbasis kelas. Guru seringkali lebih mengutamakan kesempurnaan aspek akademik peserta didik dengan meninggalkan pembentukan karakter. Pendidikan karakter tersebut didefinisikan sebagai usaha menanamkan kebiasaan-kebiasaan yang baik sehingga peserta didik mampu bersikap dan bertindak bersandarkan nilai-nilai yang telah menjadi kepribadiannya. Pendidikan Karakter harus selalu diajarkan, dijadikan kebiasaan, dilatih secara konsisten dan kemudian barulah menjadi karakter bagi peserta didik. Guru sangat berperan dalam penguatan pendidikan karakter bagi anak didiknya, dimana guru harus mencontohkan apa yang disampaikan dan akan ditiru oleh anak didiknya. Keteladanan yang dicontohkan oleh guru akan memudahkan penerapan nilai-nilai karakter bagi peserta didik. Guru adalah seorang yang digugu dan ditiru. Di gugu diartikan adalah apa saja yang disampaikan oleh guru, baik lisan maupun tulisan dapat dipercaya dan diyakini kebenarannya oleh semua peserta didik. Sedangkan ditiru artinya sebagai seorang guru harus menjadi suri tauladan dalam setiap perbuatannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian Studi kasus. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru dan Siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan analisis pendidikan karakter di MI NU Miftahul Ulum 01 Honggosoco Jekulo Kudus sudah menerapkan pendidikan karakter sudah sesuai dengan pelaksanaan, perencanaan dan nilai pembelajaran karakter. Nilai-nilai karakter yang ada di MI NU Miftahul Ulum 01 Honggosoco Jekulo Kudus ada 5 nilai pokok yang dikembangkan mencakup nilai religius, integritas, mandiri, nasionalis dan gotong royong. Analisis Pendidikan Karakter ditemukan berdasarkan kondisi lingkungan serta fasilitas sekolah penunjang belajar siswa, dukungan kerja sama antara sekolah dan warga sekolah, komunikasi warga sekolah. Pembentukan Pendidikan Karakter terdapat kurang paham guru dan orang tua pada penanaman pendidikan karakter di sekolah sehingga siswa masih perlu bimbingan untuk membentuk pendidikan karakter siswa. Simpulan Hasil Penelitian yaitu di nilai-nilai karakter yang ada di MI NU Miftahul Ulum 01 Honggosoco Jekulo Kudus sudah menanamkan nilai karakter namun kurang teguran dari orang tua dan motivasi dari guru menjadikan anak masih belum bisa mencerminkan karakter yang baik. Diperlukan adanya kerja sama dari pihak sekolah dan guru dalam pembentukan pendidikan karakter pada siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd Dosen Pembimbing: 2. Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A |
Kata Kunci: | Analisis, pembentukan Pendidikan Karakter. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 19 May 2025 02:11 |
Last Modified: | 19 May 2025 02:11 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23861 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
