ANWAR, TAUFIQ (2024) Fektivitas penggunaan model problem based learning berbantuan media pobaja terhadap peningkatan hasil belajar materi pandawa lima siswa kelas iii sd 3 karangbener. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media POBAJA (Pop Up Book Bahasa Jawa) terhadap peningkatan hasil belajar materi Pandawa Lima pada siswa kelas III SD 3 Karangbener. Metode penelitian menggunakan desain one-group pretest-posttest, di mana satu kelompok siswa diberi perlakuan menggunakan Model PBL berbantuan media POBAJA. Pretest dilakukan untuk mengukur pemahaman awal siswa terhadap materi Pandawa Lima, diikuti dengan pembelajaran menggunakan Model PBL dan media POBAJA, kemudian diakhiri dengan posttest untuk mengevaluasi peningkatan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan di kelas III SD 3 Karangbener dengan subjek penelitian 14 siswa dalam satu kelas yang berlangsung selama 3 pertemuan. Variabel terikat (Y) ini mencakup pemahaman siswa terhadap konsep-konsep yang diajarkan dalam materi Pandawa Lima. variabel bebas (X) adalah penggunaan Model Problem Based Learning berbantuan media POBAJA. Uji normalitas menunjukkan bahwa data pretest dan posttest berdistribusi normal dengan nilai signifikansi masing-masing sebesar 0,07 dan 0,09 (keduanya > 0,05). Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 (< 0,05), yang berarti terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara nilai pretest dan posttest. Hasil uji N-Gain menunjukkan rata-rata sebesar 0,6588, yang termasuk dalam kategori sedang (0,30 ≤ 0,70). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan media POBAJA secara signifikan meningkatkan hasil belajar materi Pandawa Lima pada siswa kelas III SD 3 Karangbener. Peningkatan ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata N-Gain sebesar 65%, mengindikasikan efektivitas PBL berbantuan media POBAJA dalam meningkatkan pemahaman siswa. Beberapa indikator menunjukkan peningkatan dalam kategori sedang, sementara yang lainnya dalam kategori tinggi. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan metode pembelajaran inovatif dan efektif untuk memperkuat hasil belajar siswa. Implikasi praktisnya adalah pentingnya mempertimbangkan penerapan Model PBL dengan media POBAJA sebagai strategi pembelajaran potensial untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dasar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Much Arsyad Fardani, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Lintang Kironoratri, M.Pd. |
Kata Kunci: | Pop-up Book, Problem Based Learning, pandawa lima. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 19 May 2025 07:00 |
Last Modified: | 19 May 2025 07:00 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23889 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
