SETIAWATI, FITRI (2024) Pengembangan media buku teka teki silang ikr wipe and clean dalam meningkatkan minat belajar ipas kelas v sd negeri 2 mijen. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Proses pembelajaran yang monoton tanpa media kreatif dapat menurunkan minat belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis kebutuhan di SD N 2 Mijen, Kudus. Pada penelitian ii mengembangkan media buku teka-teki silang untuk meningkatkan minat belajar siswa. Tujuannya adalah mengetahui respon siswa terhadap media buku teka-teki silang, menguji kelayakan media buku teka-teki silang, dan mengukur tingkat minat belajar siswa. Media buku teka-teki silang IKR wipe & clean menggabungkan materi IPAS dan permainan teka-teki silang yang membantu siswa berfikir kritis, mengasah pengetahuan, permainan ini juga dapat meningkatkan minat belajar siswa. Dengan media buku teka-teki silang IKR wipe & clean materi muatan IPAS diharapkan mampu menarik perhatian siswa terhadap materi IPAS sehingga dapat meningkatkanminat belajar siswa. Pada penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SD N 2 Mijen, Kudus. Variabel bebas pada penelitian ini adalah media buku teka-teki silang, sedangkan variabel terikatnya adalah minat belajar siswa. Teknik uji coba yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa media buku teka-teki silang IKR wipe & clean mendapatkan hasil validasi dari validator 1 dengan hasil presentase 96% dengan kategori “sangat layak”, validator 2 dengan hasil presentase 83% dengan kategori “sangat layak”, dari validator 3 dengan hasil presentase 100% kategori ‘sangat layak”, dan validator 4 dengan presentase 100% dengan kategori “sangat layak” dan skor rata-rata validasi sebesar 94,75% dengan kriteria “sangat layak”. Respon siswa menunjukan kepraktisan pada penggunaan media pada 27 siswa menunjukan skor terendah 90% dan skor tertinggi sebesar 98% hal ini menunjukkan bahwa media buku teka-teki silang IKR wipe & clean “praktis” digunakan. Peningkatan minat belajar siswa dari hasil uji N-Gain diatas dilihat bahwa nilai rata-rata N-Gain skor sebesar 0.78 dan N-gain persen sebesar 78,7% yang menunjukan bahwa adanya peningkatan yang “tinggi”. Kesimpulan media buku teka-teki silang IKR wipe & clean dengan kriteria “sangat layak” valid digunakan pada mata pelajaran IPAS kelas V. Respon siswa menunjukkan bahwa media “praktis” digunakan pada pembelajaran. Minat belajar menggunakan media buku teka-teki silang IKR wipe & clean menunjukan peningkatan dengan kategori minat belajar “tinggi”.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.F.Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Ika Ari Pratiwi, M.Pd. |
Kata Kunci: | Buku, Teka-teki silang, Minat belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 19 May 2025 07:27 |
Last Modified: | 19 May 2025 07:27 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23892 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
