Sunarti, Wiwik (2024) Kemampuan imajinasi anak dalam kegiatan menggambar tema pekerjaan orang tua di tk kecamatan rembang. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kegiatan menggambar dengan tema pekerjaan orang tua terhadap kemampuan imajinasi anak di TK Kecamatan Rembang, serta untuk mengukur tingkat kemampuan imajinasi anak dalam kegiatan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mix method), yaitu pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data kualitatif dikumpulkan melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi, sementara data kuantitatif diperoleh melalui kuesioner. Analisis data kuantitatif dilakukan menggunakan regresi dan uji beda rata-rata (Mann-Whitney U) antara kelompok eksperimen dan kontrol. Subjek penelitian terdiri dari 554 peserta didik dari beberapa TK di Kecamatan Rembang, termasuk TK Muslimat NU, TK Permata Bunda, TK YKM 1, TK BIAS, dan TK Mardi Siwi. Sampel penelitian diambil menggunakan rumus Slovin, dan melibatkan 150 anak sebagai responden. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa kegiatan menggambar memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan imajinasi anak, dengan koefisien regresi sebesar 0,934 dan p-value 0,000, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit dalam kegiatan menggambar meningkatkan kemampuan imajinasi anak sebesar 0,934 unit. Uji Mann-Whitney U juga menunjukkan perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol, dengan p-value sebesar 0,02 untuk kemampuan menggambar dan 0,04 untuk kemampuan imajinasi. Secara keseluruhan, penelitian ini mengungkapkan bahwa kegiatan menggambar dengan tema pekerjaan orang tua, terutama yang disertai dengan stimulasi video, efektif dalam meningkatkan kemampuan imajinasi anak-anak. Hasil kualitatif juga menunjukkan bahwa anak anak yang terlibat dalam kegiatan ini menjadi lebih kreatif dan mampu mengekspresikan ide-ide imajinatif mereka dengan lebih baik. Penelitian ini mendukung penggunaan media visual sebagai metode pengajaran yang efektif untuk merangsang kreativitas dan perkembangan kognitif anak-anak.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Dr. Nur Fajrie, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2. Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd. |
Kata Kunci: | Menggambar, Imajinasi, Anak Usia Dini |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 20 May 2025 04:41 |
Last Modified: | 20 May 2025 04:41 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23907 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
