Wijayanti, Lilis (2024) Pengaruh model problem based learning dengan media kartu bergambar terintegrasi profil pelajar pancasila terhadap hasil belajar pendidikan pancasila siswa kelas v sdn 1 sadang. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Abstrak
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji Pengaruh Model Problem Based Learning Dengan Media Kartu Bergambar Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas V SDN 1 Sadang. Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang menitikberatkan pada pemecahan masalah, di mana peserta didik diberikan situasi atau masalah nyata untuk dipecahkan secara aktif dalam kelompok, mendorong pengembangan pengetahuan dan keterampilan kritis. Media kartu bergambar adalah kartu visual dua dimensi yang mengintegrasikan representasi grafis tentang pengalaman sehari-hari anak-anak dengan profil pelajar Pancasila secara abstrak. Hasil belajar ini mengacu pada tingkat pencapaian pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi Pendidikan Pancasila yang diukur melalui tes berbasis kurikulum merdeka. Profil Pelajar Pancasila merupakan ciri karakter dan kompetensi yang diharapkan untuk diraih oleh peserta didik, yang didasarkan pada nilai-nilai luhur. Pendidikan Pancasila merupakan mata pelajaran yang berperan sebagai sarana untuk memajukan serta mempertahankan prinsip-prinsip moral yang bersumber dari kearifan lokal Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen PreExperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model Problem Based Learning dan variabel terikatnya yaitu hasil belajar pendidikan pancasila. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh dan dianalisis menggunakan Uji t pada aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan signifikansi (Sig.) sebesar 0.000 artinya menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dengan media kartu bergambar terintegrasi Profil Pelajar Pancasila berdampak positif dan signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata N-Gain, yang mencerminkan peningkatan skor, adalah 0.4364. Hasil ini menunjukkan bahwa, secara keseluruhan, siswa mengalami peningkatan yang sedang dalam hasil belajar setelah menerapkan model Problem Based Learning dengan media kartu bergambar terintegrasi Profil Pelajar Pancasila. Kesimpulannya adalah penerapan model Problem Based Learning dengan media kartu bergambar terintegrasi Profil Pelajar Pancasila dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan Pancasila siswa Kelas V SDN 1 Sadang.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Dr. Fina Fakhriyah, S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing: 2. Dr. Wawan Shokib Rondli, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Problem Based Learning, Profil Pelajar Pancasila, Kartu Bergambar Pendidikan Pancasila, Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 22 May 2025 02:37 |
Last Modified: | 22 May 2025 02:37 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23926 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
