Widiyastuti, Indry (2024) Penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas v sekolah dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Siswa kelas V SDN 3 Jekulo memiliki permasalahan hasil pembelajaran Pendidikan Pancasila yang masih menunjukkan KKTP yang rendah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya penggunaan model pembelajaran yang inovatif oleh para guru. Tujuan penelitian ini untuk mengukur perbedaan sebelum dan sesudah penerapan model Problem Based Learning dan peningkatan hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas V SDN 3 Jekulo. Model Problem Based Learning adalah suatu model yang memberikan ruang bagi peserta didik untuk mengambil peran aktif dalam proses pembelajaran, memungkinkan mereka untuk mengeksplorasi pengetahuan yang mereka miliki. Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh oleh peserta didik setelah terlibat dalam kegiatan belajar. Setelah penilaian dilakukan, prestasi belajar dapat diamati dalam bentuk tingkat pencapaian yang menggambarkan hasil belajar mereka. Rancangan penelitian ini menggunakan model kuantitatif eksperimen. Penelitian ini dilakukan melalui metode quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan menggunakan desain one group pretest posttest design. Pretest dilakukan sebelum diberikan perlakuan, dan posttest dilakukan setelah diberikan perlakuan yaitu menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Pada penelitian ini menggunakan Uji Paired Sample t-test dan Uji Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Problem Based Learning memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi "Norma" kelas V Sekolah Dasar. Uji Paired Sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi 0.000 mengindikasikan perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan model Problem Based Learning. Selain itu, hasil Uji N-Gain yang menunjukkan rata-rata sebesar 0.4113, termasuk dalam kategori "Sedang," mengindikasikan adanya peningkatan hasil belajar yang cukup baik meskipun masih memerlukan perbaikan untuk mencapai tingkat efektivitas yang lebih tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan Model Problem Based Learning dan terdapat peningkatan hasil belajar Pendidikan Pancasila yang signifikan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Dr. Wawan Shokib Rondli, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd, M.A |
Kata Kunci: | Problem Based Learning , Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 22 May 2025 03:21 |
Last Modified: | 22 May 2025 03:21 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23935 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
