MAWARDAH, RISKIATUL (2024) Analisis manajemen pengelolaan pembelajaran program tahfidz di sd miftahussa’adah gebog kudus. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana Manajemen Pengelolaan Pembelajaran Program Tahfidz dan apa saja Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan Program Tahfidz di SD Miftahussa’adah Gebog Kudus. Manajemen Pengelolaan dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang memadukan sumber pendidikan agar terpusat dalam usaha mencapai tujuan pendidikan yang telah ditentukan sebelumya. Faktor merupakan unsur yang dapat mempengaruhi sesuatu. Manajemen Pengelolaan Pembelajaran Program Tahfidz di SD Miftahussa’adah Gebog Kudus sesuai dengan Standar Pengelolaan pada jenjang Sekolah Dasar menurut Permendikbud Nomor 47 tahun 2023 yang meliputi Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengawasan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus. Data ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun peneliti menggunakan teori Miles and Huberman yakni reduksi data, pengungkapan data, penarikan kesimpulan dan validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen Pengelolaan Pembelajaran Program Tahfidz di SD Miftahussa’adah sudah terlaksana sesuai dengan fungsi-fungsi pengelolaan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan. Faktor pendukung pelaksanaan Program Tahfidz meliputi: Tekad yang kuat dari diri sendiri, Dukungan dari orangtua dan Guru, Fisik dan psikis peserta didik yang baik, dan Lingkungan belajar / Fasilitas yang nyaman. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi: peserta didik tidak mengikuti Program Pra Tahfidz, peserta didik kurang fokus belajar Al-Qur’an dengan menggunakan metode Qiroati, dan Liburan sekolah.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Prof. Dr. Sri Utaminingsih, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Khamdun, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Manajemen Pengelolaan, Pembelajaran, Program Tahfidz, Standar Pengelolaan. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 22 May 2025 03:29 |
Last Modified: | 22 May 2025 03:29 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23936 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
