RAHMA SALSABILA, SILVIA EKA (2024) Pengaruh model problem based learning berbantuan media lincah terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas iv sdn 1 bulungcangkring. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Abstrak
Keberhasilan peserta didik dalam proses pembelajaran, khususnya melalui media pembelajaran, diukur dari hasil pemahaman konsep peserta didik. Rendahnya pemahaman konsep matematika pada materi Bilangan Cacah sampai 10.000 kelas 4 SDN 1 Bulungcangkring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media Lincah berpengaruh terhadap hasil pemahaman kosep peserta didik dan seberapa besar peningkatan hasil pemahaman konsep peserta didik materi matematika SDN 1 Bulungcangkring. Media Lincah ini merupakan media pembelajaran yang menyediakan beberapa fitur yaitu disajikan seperti, CP, TP, ATP, Tujuan Pembelajaran, Motivasi, serta didalamnya yang berupa materi mengenai bilangan cacah yang dapat dipelajari oleh siswa tidak lupa pula ditambah dengan gambar, berupa soalsoal. Model dan media tersebut akan berpengaruh terhadap pemahaman konsep peserta didik materi Bab 1 Bilangan cacah sampai 10.000. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan jenis one grup pretest-posttest design. Penelitian ini menggunakan subjek seluruh kelas IV SDN 1 Bulungcangkring yang berjumlah 33 peserta didik dengan teknik pengambilan non- probability sampling jenis sampel jenuh. Pengumpulan data berupa wawancara, observasi, test (pretest dan posttest), dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa uji normalitas, uji paired sample t-test, Uji N-Gain. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa model PBL berbantuan media Lincah dapat memberikan perbedaan nilai rata-rata dan dapat meningkatkan hasil pemahaman konsep peserta didik. Pernyataan tersebut dapat diperoleh dari hasil uji paired sample T-Test dan uji N-Gain pada aplikasi SPSS versi 26. Pada pengujian tersebut diperoleh hasil uji paired sample T-Test dengan signifikansi 0,000 yang berati Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan hasil N-Gain sebesar 76.49% yang berati artinya peningkatan pemahaman konsep peserta didik dapat dikategorikan kriteria tinggi. Simpulan dari penelitian ini yaitu : (1) penggunaan model PBL berbantuan media Lincah terdapat perbedaan rata-rata skor yang signifikan terhadap hasil pemahaman konsep saat sebelum dan sesudah diberi perlakuan. (2) terdapat peningkatan hasil pemahaman konsep peserta didik menggunakan model PBL berbantuan media Lincah pada Pelajaran matematika BAB 1 Bilangan cacah.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Lovika Ardana Riswari, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Fitriyah Amaliyah, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Media Lincah, Model Problem Based Learning, Pemahaman Konsep |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 22 May 2025 03:45 |
Last Modified: | 22 May 2025 03:45 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23941 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
