Analisis proyek penguatan profil pelajar pancasila berbasis kearifan lokal dalam implementasi kurikulum merdeka pada siswa kelas v sdn raci 01

HASAN TINO, AHMAD (2024) Analisis proyek penguatan profil pelajar pancasila berbasis kearifan lokal dalam implementasi kurikulum merdeka pada siswa kelas v sdn raci 01. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini

Abstrak

Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan kepada guru dalam membuat perangkat ajar dan menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan dan minat siswa. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis implementasi kurikulum merdeka pada Proyek Pengetahuan Profil Pelajar Pancasila yang berbasis kearifan lokal di V SD Negeri Raci 01 Pati. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan upaya mendorong tercapainya Profil Pelajar Pancasila dengan menggunakan paradigma baru melalui pembelajaran berbasis projek. Profil Pelajar Pancasila merupakan profil yang ideal untuk dikembangkan dan diterapkan oleh pelajar Indonesia dengan bantuan seluruh pemangku kepentingan, dengan menggunakan enam kompetensi sebagai elemen kuncinya. Salah satu yang menarik dari pelaksanaan P5 di SDN Raci 01 adalah berbasis kearifan lokal karena memiliki nilai-nilai karakter yang terkandung di dalamnya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif naratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, asasmen penilaian P5 dan dokumentasi. Subjek penelitian ini kepala sekolah, guru 10 siswa dan orang tua siswa SDN Raci 01. Pengecekan keabsahan data dengan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi dan simpulan. Hasil Penelitian membuktikan bahwa pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memiliki nilai sikap yang baik yaitu nilai sikap mandiri, gotong – royong, dan berbinekaan global. Penelitian ini, Guru dan pihak sekolah hendaknya menyadari pentingnya pengamalan dari pelaksanaan P5 bagi kehidupan anak yang bisa terapkan dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan rumah maupun di sekolah, sehingga pelaksanaan P5 tersebut harus diterapkan secara lestari. Sementara itu, sebaiknya semua guru tidak hanya kelas 5 saja harus bisa memahami, belajar lagi mengenai P5 yang ada di dalam kurikulum merdeka agar nantinya P5 berbasis kearifan lokal ketoprak cilik bisa diterapkan dan dilaksanakan di semua kelas tidak hanya di kelas 5. Nilai-nilai sikap yang terkandung harus diangkat sebagai pengajaran di sekolah, agar pengenalan P5 lebih mudah dipahami oleh siswa. Dan untuk penelitian selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan dan pertimbangan untuk pendalaman lebih lanjut penelitian selanjutnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Dr. Wawan Shokib Rondli , S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Lovika Ardana Riswari , S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Kearifan Lokal
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 May 2025 03:50
Last Modified: 22 May 2025 03:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23943

Actions (login required)

View Item View Item