KHOIRIN NADA, ANITA (2024) Pengaruh model pembelajaran make a match berbantuan media papan kantong pintar untuk meningkatkan pemahaman konsep dalam pembelajaran pendidikan pancasila. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Pendidikan Pancasila merupakan pembelajaran yang ditanamkan kepada warga Indonesia sedini mungkin karena di kehidupan sehari-hari manusia akan berkaitan mengenai bidang sosial, budaya, politik, pertahanan negara Indonesia. Akan tetapi, tidak semua manusia mampu memahami makna yang terkandung pada pembelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini dilatar belakangi dari kurangnya pemahaman siswa kelas V SD Negeri 1 Bakalan Krapyak pada materi yang memiliki bacaan banyak, kegiatan pembelajaran yang monoton yang membuat siswa merasa jenuh sehingga menyebabkan siswa kurang antusias belajar dan kurang paham. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemahaman konsep Pendidikan Pancasila setelah menerapkan model pembelajaran Make A Match berbantuan Papan Kantong Pintar. Model Make A Match merupakan model pembelajaran yang memiliki kegiatan belajar sambil bermain dengan cara mencocokan kartu soal dan kartu jawaban terkait suatu materi yang dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan tidak monoton. Model ini berbantuan dengan papan kantong pintar. Papan Kantong Pintar merupakan media visual berupa papan yang didesain menarik dan pada bagian papannya terdapat kantong untuk menyimpan kartu soal, kartu jawaban dan kartu kecocokan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Pre Eksperiment dengan desain One Group Pretest Posttest. Subjek yang diambil adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Bakalan Krapyak yang berjumlah 20 siswa. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model Make A Match dengan media papan kantong pintar, sedangkan variabel terikatnya adalah pemahaman konsep Pendidikan Pancasila. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, test (Pretest-Posttest), dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Non-parametik Wilcoxon dan uji N-Gain. Dalam mengetahui adanya perbedaan rata-rata dan peningkatan hasil pemahaman dapat diperoleh pada uji non-parametik Wilcoxon dan Uji N-Gain. Uji non-parametik Wilcoxon memperoleh hasil sig 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak, , artinya terdapat perbedaan terhadap pemahaman konsep sebelum dan sesudah diberikan perlakuan model dan media pembelajaran. serta pada estimate yang menandakan adanya peningkatan perbedaan rata-rata sebesar 22,5. Kemudian, pada uji N-Gain mendapatkan hasil 0,7874 yang artinya terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa dengan kriteria sangat efektif.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Dr. Wawan Shokib Rondli, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Denni Agung Santoso, M.Pd. |
Kata Kunci: | Model Make A Match, Papan Kantong Pintar, Pemahaman Konsep. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 22 May 2025 04:29 |
Last Modified: | 22 May 2025 04:29 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23945 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
