ARIYANTI, NOFA (2024) Penerapan model pembelajaran tgt berbantuan lkpd kaki si koka untuk meningkatkan penulisan kalimat efektif peserta didik kelas iv sd 4 karangrowo. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Latar belakang dilakukan penelitian ini karena adanya kesulitan yang dialami peserta didik kelas IV SD 4 Karangrowo dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dibuktikan dengan persentase belajar peserta didik dikelas sebelumnya sebesar 39% peserta didik yang tuntas. Penyebabnya pendidik belum menggunakan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar, peserta didik cenderung pasif, dan masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan penulisan kalimat efektif, aktivitas peserta didik, dan keterampilan mengajar guru melalui Model Teams Games Tournament berbantuan media teka-teki silang kosakata (KAKI SI KOKA) pada peserta didik kelas IV SDN 4 Karangrowo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang akan dilaksanakan di kelas IV SDN 4 Karangrowo tahun ajar 2023/2024 dengan subjek penelitian 33 peserta didik. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus masingmasing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Instrumen yang digunakan berupa lembar wawancara, soal evaluasi, dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran teams games tournament berbantuan media KAKI SI KOKA terdapat peningkatan dari siklus I rata-rata 71,44 mencapai persentase 54,55% dengan kategori kurang, sedangkan siklus II rata-rata 77,74 mencapai persentase 81,82% dengan kategori baik. Aktivitas peserta didik siklus I mencapai persentase 63,78% dengan kategori baik, sedangkan siklus II mencapai persentase 82,81% dengan kategori sangat baik. Keterampilan guru pada siklus I mencapai persentase 79,76% dengan kategori baik, sedangkan siklus II mencapai 92,85% dengan kategori sangat baik sehingga pada siklus II dinyatakan berhasil karena sudah mencapai indikator keberhasilan. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan LKPD KAKI SI KOKA dapat meningkatkan penulisan kalimat efektif, aktivitas peserta didik, dan keterampilan mengajar guru.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Lintang Kironoratri, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Fitriyah Amalia, M.Pd. |
Kata Kunci: | Model Teams Games Tournament, Teka-Teki Silang, Penguasaan Kosa Kata. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 22 May 2025 07:41 |
Last Modified: | 22 May 2025 07:41 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23961 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
