Penerapan model team games tournament dengan berbantuan media dart board untuk meningkatkan keaktifan belajar ipas siswa sd materi gaya

SALSA BILA, AZZA LAILA (2024) Penerapan model team games tournament dengan berbantuan media dart board untuk meningkatkan keaktifan belajar ipas siswa sd materi gaya. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Hasil observasi pada siswa kelas IV SD 1 Kirig ditemukan masalah keaktifan belajar IPA yang masih rendah. Hal ini disebabkan kurang adanya optimalisasi penggunaan model pembelajaran inovatif sehingga berdampak pada keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar rendah. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) dengan media Dart Board dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD 1 Kirig. Model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) merupakan salah satu tipe model pembelajaran inovatif yang membagi peserta didik dalam kelompokkelompok belajar dengan beranggotakan 5-6 orang yang memiliki kemampuan, jenis kelamin, ras ataupun etnis yang berbeda. Dengan adanya kelompok heterogen inilah dapat memotivasi peserta didik untuk belajar secara aktif dalam proses pembelajaran serta memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bekerja sama dalam mengerjakan tugas dan mempelajari materi pelajaran Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk menganalisis dan menggambarkan suatu kondisi dari setiap data yang terkumpul, berupa observasi terhadap permasalahan yang ada di lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru kelas dan 18 siswa kelas IV. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran team games tournament dengan bantuan media dart board dan kualitas belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklus ada dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengumpulan data observasi, wawancara dan tes. Analisis data yang digunakan pada peneliitian ini adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Games Tournament berbantuan media Dart Board dapat meningkatkan keterampilan guru mengajar dan keaktifan belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase guru mengajar pada siklus I (78%) dan meningkat pada siklus II (86%). Persentase keaktifan siswa pada siklus I (75%) dan meningkat pada siklus II(95%). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Games Tournament berbantuan media Dart Board dapat meningkatkan keterampilan guru mengajar dan keaktifan belajar IPAS siswa kelas IV SD 1 Kirig.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Dr. Khamdun, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.M. Syafruddin Kuryanto, S.Si., M.Or.
Kata Kunci: Team Games Tournament, Dart Board, Keaktifan Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 May 2025 02:11
Last Modified: 23 May 2025 02:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23967

Actions (login required)

View Item View Item