ISTIQOMAH, PUTRI (2024) Analisis penggunaan media sosial youtube terhadap perilaku sosial siswa kelas iv sd negeri dalangan. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penggunaan media sosial YouTube dapat menyebabkan kecanduan yang akan mempengaruhi perilaku sosial siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya siswa di SD Negeri Dalangan yang sering menggunakan media sosial YouTube. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan media sosial YouTube, dampak penggunaan media sosial YouTube, dan perilaku sosial siswa kelas IV di SD Negeri Dalangan. Media sosial YouTube merupakan salah satu layanan berbagi video yang memungkinkan penggunanya mengunggah, mencari video, menonton, diskusi atau tanya jawab, dan berbagi video klip. Penggunaan media sosial YouTube yang berlebihan tentunya akan menimbulkan berbagai dampak. Dampak dari penggunaan media sosial YouTube juga akan mempengaruhi perilaku sosial siswa. Perilaku sosial adalah hubunganya dengan orang lain baik dengan guru, teman sebaya, orang tua, maupun saudaranya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Dalangan dengan subjek penelitian 3 siswa dan guru kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan triangulas sumber. Teknis analisis data menggunakan studi kasus. Hasil dari penelitian siswa SD Negeri Dalangan menggunakan media sosial YouTube sebagai sarana untuk menghibur diri ketika sedang bosan, sebagai sarana untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan yang lebih luas, serta sebagai sarana menambah krativitas. Peggunaan media sosial YouTube pada siswa kelas IV Sd Negeri Dalangan ini mempengaruhi perilaku sosial siswa diantaranya perilaku siswa yang suka bekerja sama untuk mengerjakan tugas, siswa yang bersimpati dengan temannya ditunjukkan dengan sikap saling membantu antar teman, perilaku siswa yang suka membangkang ketika dinasehati, perilaku siswa yang suka bersaing untuk mendapatkan perhatian dari guru, serta tingkah laku siswa yang berkuasa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media sosial YouTube pada siswa SD Negeri Dalangan digunakan sebagai sarana hiburan, sebagai sarana untuk menambah pengetahuan dan sebagai sarana untuk mendapatkan informasi. Penggunaan media sosial YouTube menimbulkan dampak positif dan negatif pada perilaku sosial siswa yaitu perilaku kerja sama, simpati, pembangkangan, persaingan, tingkah laku berkuasa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Diana Ermawati, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Media Sosial, Aplikasi YouTube, Perilaku Sosial |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 May 2025 02:45 |
Last Modified: | 23 May 2025 02:45 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23971 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
