Tingkat keterampilan menulis teks deskripsi menggunakan media kartu gambar berbasis budaya haul nyai ageng ngerang pada siswa kelas 4 sd negeri mojomulyo

CHOIRUNNISA, NIA OKTAVIANA (2024) Tingkat keterampilan menulis teks deskripsi menggunakan media kartu gambar berbasis budaya haul nyai ageng ngerang pada siswa kelas 4 sd negeri mojomulyo. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Berdasarkan masalah yang ditemukan, guru menyampaikan materi masih konvensional, kurangnya media pembelajaran yang medukung, serta siswa yang kesulitan dalam mengembangkan ide atau gagasanya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses keterampilan guru, pengaruh dan peningkatan penggunaan media kartu gambar berbasis budaya Haul Nyai Ageng Ngerang. Keterampilan menulis teks deskripsi adalah kemampuan menulis teks yang menggambarkan sesuatu sehingga pembaca dapat melihat, mendengar, atau merasakannya secara langsung. Media kartu gambar berbasis budaya Haul Nyai Ageng Ngerang juga dapat mengenalkan budaya kearifan lokal yang ada di daerah tempat tinggal siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mixed Methods (penelitian gabungan) dengan desain Sequential Exploratory. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Mojomulyo dengan subjek penelitian 20 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,wawancara, tes , dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan Model Milles dan Huberman (kualitatif) dan menggunakan aplikasi SPSS berupa uji prasyarat dengan uji Shapiro- Wilk (kuantitatif). Hasil penelitian menunjukkan proses keterampilan guru dalam pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi sangatlah baik. Hal ini dilihat pada proses mengajar guru yang sudah mampu menguasai indikator keterampilan mengajar. Hasil dari prasyarat berupa uji normalitas jenis Shapiro-Wilk dengan pretest sebesar 0,076 dan posttest sebesar 0,100 ,sehingga dinyatakan berdistribusi normal. Uji hipotesis menggunakan uji Paired Sample T-Test dengan hasil signifikansi (2- tailed) adalah sebesar 0,000 dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Hₐ diterima dan Hₒ ditolak karena sig (0,000) < 0,05 dan uji N-Gain sebesar 0,5681 atau 56,8146% dengan kategori sedang. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penggunaan media kartu gambar berbasis budaya Haul Nyai Ageng Ngerang dinyatakan sangat layak dan efektif untuk digunakan dalam materi membuat teks deskripsi. Hal ini dapat dilihat dari hasil proses keterampilan guru dalam pembelajaran menulis teks deskripsi, hasil rata-rata uji Paired Sample T-Test dan uji N-Gain pada peningkatan hasil pretest dan posttest.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Dr. Irfai Fathurohman, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Nur Fajrie , S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Keterampilan MenulisTeks Deskrispi, Media Kartu Gambar, Budaya Haul Nyai Ageng Ngerang.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 May 2025 02:52
Last Modified: 23 May 2025 02:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23972

Actions (login required)

View Item View Item