Pengembangan media komantatika (komik penyajian data matematika) melalui pendekatan rme untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep siswa kelas iv sdit al-akhyar

PUSPANINGRUM, AZZALIA NIKEN (2024) Pengembangan media komantatika (komik penyajian data matematika) melalui pendekatan rme untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep siswa kelas iv sdit al-akhyar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini

Abstrak

Media pembelajaran merupakan alternatif yang efektif digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan kepada guru dan siswa kelas IV SDIT Al-Akhyar kurangnya pemanfaatan media pada pembelajaran Matematika. Guru menggunakan metode ceramah yang kurang diminati siswa. Tujuan penelitian ini mengembangkan sebuah media pembelajaran KOMANTATIKA untuk memantik kemampuan pemahaman konsep siswa kelas IV SDIT Al-Akhyar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yang dilakukan di SDIT Al-Akhyar dengan subjek penelitian siswa kelas IV B dan IV C menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data berupa tes, angket, wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Data dari hasil penelitian, rata-rata pretest eksperimen sebesar 61,67% dengan nilai tertinggi 85 dan terendah 35. Rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 87,78% dengan nilai tertinggi 97,5 dan nilai terendah 75. Rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 54,65% dengan nilai tertinggi 87,5 dan terendah 20. Rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 77,84% dengan nilai tertinggi 97,5 dan terendah 50. Validitas ahli media “Sangat Valid” dengan nilai Aiken’s V 0,92222 dan ahli materi “Valid” dengan nilai Aiken’s V 0,7778. Praktilitas media “Sangat Praktis” dengan persentase 90%. Uji normalitas eksperimen sig pretest 0,098 > 0,05 dan sig posttest 0,095 > 0,05 berdistribusi normal. Uji normalitas control sig pretest 0,200 > 0,05 dan sig posttest 0,199 > 0,05 berdistribusi normal. Uji Paired Sample T-test eksperimen sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan kelas kontrol nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Uji N-Gain eksperimen N-Gain persen 64,8377 “Cukup Efektif” dan kontrol N-Gain persen 50,3651 “Kurang Efektif”. Disimpulkan bahwa uji validitas ahli media “Sangat Valid” dan ahli materi ”Valid”. Kepraktisan media KOMANTATIKA “Sangat Praktis”. Uji normalitas kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal. Uji Paired Sample T-test kelas eksperimen dan kelas kontrol sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya ada perbedaan rata-rata pretest dan posttest. Rata-rata N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan N-Gain kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media KOMANTATIKA melalui pendekatan RME pada pembelajaran Matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas IV SDIT Al-Akhyar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Ika Ari Pratiwi, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Eka Zuliana, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Komik, Penyajian Data, Pemahaman Konsep
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 May 2025 03:53
Last Modified: 23 May 2025 03:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23977

Actions (login required)

View Item View Item