ARTAMEVIA, TIARA VASYA (2024) Penerapan model role reversal question untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan pancasila siswa kelas iv sd 6 cendono. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD 6 Cendono. Hal tersebut dikarenakan kurangnya keaktifan belajar siswa dan proses belajar mengajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila yang masih terlalu monoton yaitu hanya dengan guru menjelaskan, siswa mencatat dan mengerjakan tugas saja sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Role Reversal Question pada materi Pola Hidup Gotong Royong Kelas IV SD 6 Cendono. Model pembelajaran Role Reversal Question adalah kegiatan pembelajaran aktif yang menekankan pada aktivitas tanya jawab pembalikan peran antara guru dengan siswa agar terjadi interaksi antara guru dan siswa, maupun siswa dengan siswa lain dalam proses pembelajaran. Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh individu setelah proses belajar berlangsung, yang dapat memberikan perubahan pengetahuan siswa sehingga menjadi lebih baik dari sebelumnya. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 6 Cendono dengan subjek penelitian 19 siswa yang berlangsung selama 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran Pendidikan Pancasila melalui model Role Reversal Question mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh presentase 68,5%(baik), siklus II mengalami peningkatan menjadi 88%(sangat baik). Aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh presentase 66% (baik), siklus II meningkat menjadi 88%(sangat baik). Hasil belajar siswa ranah kognitif siklus I memperoleh ketuntasan klasikal presentase 42%(kurang) dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 95%(sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada siswa kelas IV SD 6 Cendono dapat disimpulkan bahwa penerapan model Role Reversal Question dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Dr. Wawan Shokib Rondli, M.Pd, Dosen Pembimbing: 2.Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd.,M.A. |
Kata Kunci: | Role Reversal Question, Pendidikan Pancasila, Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 May 2025 07:24 |
Last Modified: | 23 May 2025 07:24 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23986 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
