PUTRI RAHMAWATI, FRINDY (2024) Penanaman sikap sosial siswa melalui pembelajaran ipas kelas iv sd negeri bancak o1. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk-bentuk penanaman sikap sosial siswa dan sikap sosial siswa dalam pembelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri Bancak 01. Sikap sosial merupakan sikap kecenderungan yang berlangsung dalam diri seseorang untuk bertindak terhadap orang-orang disekitarnya dan diperhatikan oleh orang-orang disekitarnya pula. Di dalam perkembangannya sikap sosial banyak dipengaruhi oleh lingkungan, salah satunya lingkungan sekolah. Hal ini mengakibatkan perbedaan sikap antara siswa yang satu dengan yang lain karena perbedaan pengaruh atau lingkungan yang diterimanya. Penelitian ini merupakan penelitian Studi Kasus Kualitatif dengan subjek penelitian Siswa kelas IV dan guru kelas. Adapun objek penelitian ini adalah penanaman sikap sosial siswa dan sikap sosial siswa. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman ( reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kenyataannya dilapangan guru dan siswa sudah menanamkan sikap sosial siswa melalui pembelajaran IPAS. Sikap sosial yang muncul pada penelitian ini adalah jujur, disiplin, tanggung jawab, toleransi, gotong royong, sopan dan percaya diri. Namun ada juga beberapa hambatan dalam penanaman sikap sosial yaitu: Kesadaran siswa masih rendah dan lingkungan siswa kurang mendukung. Meskipun demikian guru melakukan upaya didalam proses pembelajaran IPAS dalam membiasakan, mengaitkan materi dan pemberian bimbingan dalam menanamkan sikap sosial siswa melalui pembelajaran IPAS. Berdasarkan hasil penelitian sehingga dapat peneliti simpulkan bahwa sikap sosial siswa dalam penanaman sikap sosial siswa melalui pembelajaran IPAS sudah mampu di terapkan oleh siswa. Dengan hal tersebut guru sudah berhasil dalam menanamkan sikap sosial siswa melalui Pembelajaran IPAS di SD kelas IV.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing: 2.Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A. |
Kata Kunci: | Sikap sosial, Pembelajaran IPAS |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 May 2025 01:49 |
Last Modified: | 24 May 2025 01:49 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23993 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
