JIHAN SAFITRI, TASYA (2024) Peningkatan keterampilan membaca pemahaman melalui model circ berbantu media pop up book mipo pada siswa kelas iii sekolah dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan peningkatan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa, dan keterampilan membaca pemahaman melalui model Cooperative Intergrated Reading and Composition (CIRC) berbantu media Pop-Up Book MIPO (Mencari Ide Pokok) pada siswa kelas III SD 1 Kaliwungu. Membaca pemahaman adalah kegiatan membaca yang dilakukan dengan cara memahami proses pemerolehan makna yang secara aktif melibatkan pengetahuan dan pengalaman seseorang serta hubungannya dengan isi bacaan. Media pop-Up Book MIPO digunakan untuk membantu siswa dalam menemukan ide pokok paragraf dalam cerita atau teks narasi. Model CIRC digunakan untuk mengembangkan proses pembelajaran, dimana siswa akan bekerja sama dengan cara berdiskusi bersama temannya, kemudian hasil diskusi akan ditulis dalam lembar jawaban yang nantinya akan dipresentasikan di depan kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang akan dilaksanakan di kelas III SD 1 Kaliwungu dengan subjek penelitian 21 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Variabel bebas adalah model CIRC berbantu media pop-up book MIPO. Instrumen yang digunakan berupa lembar wawancara, soal evaluasi, dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah peningkatan keterampilan mengajar guru pada siklus I diperoleh presentase rata-rata 74,58 dengan kriteria “cukup” dan pada siklus II diperoleh presentase rata-rata 82,5 dengan kriteria “baik”. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh presentase rata-rata 74,63 dengan kriteria “cukup” dan meningkat pada siklus II memperoleh presentase rata-rata sebesar 84,73 dengan kriteria “baik”. Hasil tes keterampilan membaca pemahaman pada siklus I memperoleh presentase klasikal sebesar 52,38 dengan kriteria “cukup” dan pada siklus II mengalami peningkatan presentase ketuntasan klasikal sebesar 90,47 dengan kriteria “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CIRC berbantu media pop-up book MIPO dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, serta keterampilan smembaca pemahaman siswa kelas III SD 1 Kaliwungu Kudus.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Lintang Kironoratri, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Much Arsyad Fardani, M.Pd. |
Kata Kunci: | Model CIRC, Pop-Up Book MIPO, Membaca pemahaman. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 May 2025 02:55 |
Last Modified: | 24 May 2025 02:55 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24000 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
