Apresiasi siswa kelas v dalam karya seni tenun troso melalui kegiatan menggambar di sdn demangan jepara

MAULANA IDRIS, M. RIZAL (2024) Apresiasi siswa kelas v dalam karya seni tenun troso melalui kegiatan menggambar di sdn demangan jepara. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses apresiasi siswa kelas V dalam karya seni tenun troso dan mendiskripsikan hasil kegiatan menggambar siswa kelas V dalam karya seni tenun troso di SDN Demangan Jepara. Peran seseorang dilingkungan siswa sangatlah penting dalam memperkenalkan tentang karya seni tenun troso kepada siswa sehingga mereka faham, mengenal dan dapat melestarikan tenun troso, diharapkan tumbuh rasa apresiasi siswa dalam hasil karya seni tenun troso Karya seni tenun troso memerlukan apresiasi terhadap karya-karyanya. Dalam mengapresiasi karya seni dapat dikatakan berhasil jika siswa memiliki kemampuan mengamati, menghayati dan menilai terhadap karya seni tenun troso. Dengan demikian setiap individu yang terlibat dalam proses kegiatan dapat mengembangkan sikap dan pikirannya secara berkesinambungan untuk menghomati, menghargai, menikmati, memahami, dan menilai karya seni. Pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan naratif sebagai tahapan dalam penelitian. Penelitian ini dilaksanakan SDN Demangan Jepara dengan mengambil subjek para siswa kelas V. Teknik pengumpulan data meliputi tahap wawancara, observasi dan dokumentasi. Serta analisis data yang digunakan mengacu pada model miles & Huberman dengan alur yaitu reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan/verivikasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Proses apresiasi siswa kelas V dalam karya seni tenun troso melalui kegiatan menggambar di SDN Demangan Jepara. Menunjukkan bahwa siswa kelas V mampu mengamati keindahan tenun troso, melihat kelebihannya, dan ingin melestarikannya. Siswa juga mampu menghayati pesan yang terkandung dalam karya seni tersebut, seperti keunikannya dan kreativitas para pengrajin tenun troso. Kemudian proses penilaian, dimana siswa dapat menilai tekstur, warna, dan keunikan dari tenun troso. Dapat dilihat proses apresiasi siswa kelas V terhadap karya seni tenun troso memiliki dampak positif bagi siswa kelas V dalam mengembangkan kemampuan kognitif, estetik dan afektif. (2) Bagaimana hasil dari apresiasi siswa kelas V dalam karya seni tenun troso melalui kegiatan menggambar di SDN Demangan Jepara. Hasil terhadap siswa kelas V menunjukkan bahwa kesembilan siswa dapat mengungkapkan pengetahuan dan pengalaman menjadi bentuk-bentuk ekspresi kreatif seperti mengapresiasi keindahan dan estetika dari kain tenun troso serta meniru membuat karya seni tenun troso yang ditambah dengan kreativitasnya. Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas V di SDN Demangan Jepara menunjukkan tingkat apresiasi yang baik terhadap hasil karya seni tenun troso. Mereka dapat mengamati, menghayati, dan menilai aspek estetika dan budaya yang terkandung dalam seni tenun melalui kegiatan menggambar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Lintang kironoratri S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Apresiasi siswa, Karya Seni, Tenun troso
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 May 2025 03:27
Last Modified: 24 May 2025 03:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24003

Actions (login required)

View Item View Item