INDRIANI, DWI APRILIA (2024) Peningkatan hasil belajar siswa kelas iv sd muhammadiyah 1 kudus melalui model make a match pada mata pelajaran pendidikan pancasila. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Kudus pada mata pelajaran pendidikan pancasila yang disebabkan oleh model dan strategi pembelajaran yang kurang sesuai serta penyampaian materi yang masih konvensional. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan belajar, keterampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran pendidikan pancasila. Model pembelajaran make a match merupakan model pembelajaran kooperatif dimana siswa mencari pasangan kartu tanya jawab yang telah dibuat oleh guru, sehingga tercipta kerjasama antar siswa. Model pembelajaran ini dapat menjadi salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang dapat digunakan guru dalam mengembangkan kemampuan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD Muhammadiyah 1 Kudus. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 18 siswa, dengan 12 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing pertemuan persiklusnya sebanyak 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan setelah diterapkannya model make a match pada keaktifan belajar siswa siklus I memperoleh persentase 80,22% kriteria (baik) dan pada siklus II dengan persentase 85,6% kriteria (sangat baik). Keterampilan mengajar guru juga mengalami peningkatan pada siklus I dengan persentase 75,5% kriteria (baik) dan pada siklus II dengan persentase 89% kriteria (sangat baik). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I memperoleh persentase 72,22% kriteria (baik) dan pada siklus II dengan persentase 88,88% kriteria (sangat baik). Penerapan model make a match dalam pembelajaran pendidikan pancasila di kelas IV SD Muhammadiyah 1 Kudus dapat meningkatkan keaktifan siswa, keterampilan mengajar guru, dan hasil belajar siswa. Peneliti memberikan saran hendaknya guru dapat menerapkan model make a match didalam proses pembelajaran sehingga akan menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Dr. Gunawan Setiadi, S.IP., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Wawan Shokib Rondli, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Hasil Belajar, Model Make A Match, Pendidikan Pancasila |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 May 2025 03:52 |
Last Modified: | 24 May 2025 03:52 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24004 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
