Penerapan model pembelajaran think talk write (ttw) berbantuan media flipbook padiku (pantun di kota kudus) terhadap keterampilan menulis siswa kelas v sd 2 hadipolo

FATIHATIN, DIAN AZIZATUL (2024) Penerapan model pembelajaran think talk write (ttw) berbantuan media flipbook padiku (pantun di kota kudus) terhadap keterampilan menulis siswa kelas v sd 2 hadipolo. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya keterampilan menulis siswa. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang ditemui di SD 2 Hadipolo, hasil nilai rata-rata keterampilan menulis siswa yaitu 62. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan rata-rata keterampilan menulis siswa dan peningkatan keterampilan menulis dengan menerapkan model pembelajaran Think Talk Write berbantuan Flipbook PADIKU. Model pembelajaran Think Talk Write merupakan salah satu model pembelajaran yang berfungsi mengembangkan pola interaksi antar siswa untuk bisa bertukar ide, gagasan, dan berkolaborasi dalam bentuk kelompok. Media Flipbook PADIKU yaitu media yang dibuat untuk membantu siswa agar dapat meningkatkan keterampilan menulis. Flipbook PADIKU berisi materi, contoh yang di sertai gambar menarik dan latihan soal yang diharapkan mampu menarik siswa dalam belajar sehingga keterampilan menulis siswa meningkat. Penelitian pre-experimental design ini akan dilaksanakan di kelas V SD 2 Hadipolo dengan subjek penelitian 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, Observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistic paired sampel T-test dan N-Gain. Hasil dari penelitian ini adalah uji Paired Sample T-Test dengan model pembelajaran Think Talk Write berbantuan media flipbook Padiku memberoleh hasil nilai Sig(2-tailed) 0,000< 0,05, maka disimpulkan terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Sedangkan, hasil dari Uji N-Gain dengan nilai ratarata N-Gain Score yaitu sebesar 0,5852 dengan kategori sedang. Respon siswa dalam menggunakan model pembelajaran Think Talk Write berbantuan media flipbook Padiku yang digunakan telah membuat siswa menjadi aktif, menyenangkan, menarik dan memudahkan siswa dalam memahami materi yang diajarkan Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa terdapat adanya peningkatan penggunaan model pembelajaran Think Talk Write berbantuan media flipbook Padiku terhadap keterampilan menulis siswa kelas V SD 2 Hadipolo.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Dr. Fina Fakriyah, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Lintang Kironoratri, M.Pd.
Kata Kunci: Think Talk Write, Flipbook, Keterampilan Menulis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 May 2025 04:30
Last Modified: 24 May 2025 04:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24006

Actions (login required)

View Item View Item