Pendekatan kontektual dalam mewarnai dengan media kering untuk kemampuan berekspresi siswa kelas iii sekolah dasar

WIBOWO, BAGUS SEPTIANTO (2024) Pendekatan kontektual dalam mewarnai dengan media kering untuk kemampuan berekspresi siswa kelas iii sekolah dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berekspresi siswa dan kendala yang dihadapi selama penerapan pendekatan kontekstual dalam kegiatan mewarnai dengan media kering di kelas III SD 4 Golantepus. Pendekatan kontekstual dalam pembelajaran mengutamakan pemahaman dan pengaitan materi dengan kehidupan nyata. Mewarnai adalah proses memberikan warna pada gambar yang sudah ada, sedangkan menggambar melibatkan penciptaan gambar dari awal. Ekspresi siswa merupakan kemampuan mereka mengungkapkan pikiran, perasaan, dan identitas melalui berbagai cara seperti bahasa verbal, tubuh, seni, dan interaksi sosial. Media kering digunakan dalam aktivitas mewarnai baik untuk anak-anak maupun dewasa yang umum digunakan meliputi pensil warna, pensil grafit, pastel kering, krayon, batu karang, marka, dan marker. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pendekatan kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi dengan analisis data pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan siswa menunjukkan peningkatan dalam kemampuan berekspresi visual, termasuk dalam mengenali dan membedakan warna serta bentuk, yang mendukung penciptaan karya seni yang lebih terperinci. Namun, kendala seperti dukungan orangtua yang tidak merata, fasilitas yang terbatas, dan minat siswa yang bervariasi menghambat efektivitas penerapan pendekatan ini. Dukungan orangtua yang minim dan fasilitas yang tidak memadai, serta perbedaan minat siswa, mempengaruhi kualitas dan partisipasi dalam kegiatan mewarnai. Kesimpulannya pendekatan kontekstual meningkatkan kemampuan berekspresi visual siswa, termasuk dalam pengenalan warna, bentuk, dan kreativitas seni. Terdapat kendala seperti dukungan orangtua yang tidak merata, fasilitas terbatas, dan minat siswa yang bervariasi menghambat efektivitas pendekatan ini. Faktor-faktor tersebut mempengaruhi kualitas dan partisipasi siswa dalam kegiatan mewarnai.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Dr. Nur Fajrie, S.Pd, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Much. Arsyadi Fardani, M.Pd
Kata Kunci: Pendekatan Kontektual, Mewarnai, Media Kering, Kemampuan Berekspresi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 May 2025 04:52
Last Modified: 24 May 2025 04:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24008

Actions (login required)

View Item View Item